Nampak sejumlah pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong - Balaraja (Serbaraja) di kawasan Rawa Buntu , Tangerang Selatan Selasa 8 Maret 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Progres Konstruksi Capai 60 Persen, Jalan Tol Japek II Selatan Ditargetkan Rampung Akhir 2022

  • Jalan Tol Japek II Selatan bakal menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dengan Jalan Tol Purbaleunyi.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Japek Selatan) paket 3 sudah mencapai 62,17%. Konstruksi jalan tol seppanjang 64 kilometer (km) ditargetkan rampung pada akhir 2022.

Adapun konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan ini terdiri atas tiga paket. Paket 1 Jati Asih-Setu sepanjang 9,3 km sebagai ruas yang masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor dengan progres pembebasan lahan mencapai 3,29% yang ditargetkan rampung pada 2025.

Paket 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bekasi dengan progres pembebasan lahan mencapai 38,29% yang ditargetkan rampung pada 2023.

Kemudian, paket 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km masuk ke wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta dengan progres konstruksi 62,17%.

Jalan Tol Japek II Selatan ini bakal menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

"Progres pembebasan lahannya sudah mencapai progres sebesar 92,04%,” tulis Manajemen Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dalam keterangan resmi, Kamis, 17 Maret 2022.

Nantinya, Jalan Tol Japek Selatan II dari Sadang Kabupaten Purwakarta menuju Setu Kabupaten Bekasi akan terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Purbaleunyi dan JORR 2 Jalan Tol Tol Cimanggis-Cibitung.

Pada Jalan Tol Japek Selatan ini akan dilengkapi tujuh gerbang tol (GT) terdiri GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Jalan tol ini memiliki peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat (Jabar). Kemudian memiliki potensi untuk mendatangkan minat-minat investasi lain di Jabar yang dapat meningkatkan ekonomi masayrakat dan pengembangan wilayah industri maupun wisata.

Setelah beroperasi penuh Jalan Tol Japek Selatan dengan nilai investasi Rp14,69 triliun dan masa konsensi 35 tahun dapat memangkas waktu tempuh perjalanan leboh singkat dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.