Ditargetkan Rampung sepenuhnya jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat di tahun 2022/ Jasamarga.com</p>
Nasional

Progres Konstruksi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Capai 75,59 Persen

  • Progres pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung hingga saat ini secara keseluruhan telah mencapai 75%.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Progres pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung hingga saat ini secara keseluruhan telah mencapai 75%. 

Salah satu proyek strategi nasional (PSN) ini memiliki panjang jalan 26,45 kilometer (km) untuk mendukung kelancaran konektivitas di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung memiliki dua seksi yakni seksi IA ruas Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km yang sudah beroperasi sejak 26 Oktober 2020.

Kemudian, seksi 2 ruas Jatikarya- Junction Cibitung sepanjang 23,3 km dengan progres konstruksinya sudah mencapai 69,72%. 

“Untuk seksi 2A ruas Jatikarya-Simpang Susun (SS) Cikeas sepanjang 3,5 km progres konstruksinya mencapai 72,9% dan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan 2022,” kata Manajemen Badan Pengatur Jalan Tol, Kamis, 17 Februari 2022.

Sedangkan, seksi 2B ruas SS Cikeas-Junction Cibitung sepanjang 19,8 km progres konstruksinya mencapai 40,4%. Jalan tol dengan nilai investasi mencapai Rp4,52 triliun ini secara keseluruhan dikelola oleh badan usaha jalan tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi I ini akan memangkas waktu jalan menuju ke tengah akses Jalan Transyogi atau alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dan sebaliknya  menjadi 5-10 menit dibandingkan dengan sebelumnya selama 30 menit.

Selanjutnya, diharapkan dengan adanya jalan tol ini akan mengurangi biaya logistik, meningkatkan konektivitas yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif, meningkatkan daya saing investasi khususnya di wilayah Jawa barat, dan mengurangi kepadatan dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke Bogor tanpa harus melalui Jakarta.

Dengan kehadiran jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini akan menambah kapasitas infrastruktur dan melengkapi struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang terkoneksi dengan enam ruas tol di kawasan metropolitan Jabodetabek.

Enam jaringan Tol JORR II terdiri dari jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 km, jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,4 km, jalan Tol Serpong-Cinere 10,1 km. kemudian, dilanjutkan Tol Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 km, Tol Ciamanggis-Cibitung sepanjang 26,47 km, dan jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34 km.