Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan  tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km).
Nasional

Progres Konstruksi Tol Japek Seksi 3 Taman Mekar-Sadang Capai 60,82 Persen

  • Progres konstruksi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan seksi 3 Taman Mekar-Sadang sudah mencapai 60,82%.

Nasional

Liza Zahara

JAKARTA – Progres konstruksi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan seksi 3 Taman Mekar-Sadang sudah mencapai 60,82%. Rencannya, ruas tol dengan panjang 27,85 kilometer (km) tersebut ditargetkan rampung pada akhir 2022 dan beroperasi pada awal 2023.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) D. Hari Pratama mengatakan progres pembebasan lahan di seksi 3 Taman Mekar-Sadang sudah mencapai 92,04% dan seksi 2 Setu-Taman Mekar sebesar 38,29%. Sedangkan, pembebasan lahan secara keseluruhan di tiga seksi pekerjaan mencapai 57,18%.

“Saat ini pengerjaan konstruksi memang sedang diprioritaskan pada seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta,” kata D. Hari Pratama dalam keterangan resmi,  Jumat, 11 Februari 2022.

Jalan Tol Japek II Selatan memiliki total investasi senilai Rp14,69 triliun dan masa konsensasinya selama 35 tahun diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi Selatan. 

Pembangunan jalan TOl Japek II Selatan dari Sadang Kabupaten Purwakarta hingga Setu Kabupaten Bekasi terintegrasi dengan jalan Tol Cipularang dan Tol JORR 2 ruas Tol Cimanggis-Cibitung.

Tol Japek II Selatan ini nantinya kan memiliki tujuh gerbang tol (GT) di antaranya GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, GT Sadang. 

Sehingga, kedepannya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas serta menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol.

PT JJS terus mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan oleh tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta teris berkoordinasi dengan kontraktor dan konsultan supervisi untuk pembangunan konstruksinya. 

Proses pembebasan lahan selanjutnya diprioritaskan pada Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta. 

Berdasarkan data dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) realisasi investasi Jawa Barat pada 2021 mencapai 136,1 triliun atau setara 15,1% dari realisasi investasi nasional 2021. 

Kemudian, PT JJS mencatat realisasi capex hingga akhir 2021 untuk jalan Tol Japek II Selatan senilai Rp3,95 triliun.  Hal itu membuat PT JJS dipilih sebagai salah satu perusahaan dengan realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) terbaik tingkat Jawa Barat pada 2021 dalam acara West Java Investment Report

“Kami akan memberikan yang terbaik untuk proyek jalan Tol Japek Selatan ini agar bisa menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Tentunya akan memberikan dampak positif bagi Jawa Barat,” katanya.