<p>Jaringan Pipa Gas PGN / Dok. PT PGN  Tbk</p>
Nasional

Progress Pembangunan Cisem Tahap I Capai 79,71 Persen

  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, progres pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (CISEM) Tahap I ruas Semarang-Batang, per Februari 2023 telah mencapai 79,71%.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, progres pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (CISEM) Tahap I ruas Semarang-Batang, per Februari 2023 telah mencapai  79,71%.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman mengatakan, pembangunan pipa transmisi gas bumi CISEM Tahap I ruas Semarang-Batang merupakan proyek multi years dari Kementerian ESDM untuk membangun jalur pipa gas 20 sepanjang kurang lebih 60 km.

Proyek ini telah dimulai pada  Mei 2022 dan direncanakan rampung  Agustus 2023.

“Sampai dengan tanggal 22 Februari 2023, progres pembangunannya  telah mencapai 79,71% dari rencana yang ditargetkan 78,78%,” ujarnya dilansir pada Senin, 27 Februari 2023.

Adapun, untuk saat ini kebutuhan gas di wilayah industri tersebut masih menggunakan gas CNG yang disediakan oleh PT Pertamina Gas Negara dengan kapasitas 0,3 MMSCFD dan akan meningkat hingga 4,48 MMCSFD di akhir 2023.

Dengan terbangunnya pipa CISEM tahap I ini, diproyeksikan pada 2025 terdapat 26 Industri yang akan menggunakan gas bumi pada kawasan tersebut dengan kebutuhan mencapai kurang lebih 40 MMSCFD.

Sebelumnya,  Pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) tahap 1 ruas Semarang - Batang senilai Rp1,7 Triliun mulai dibangun. Kegiatan ini ditandai dengan pengelasan pertama (first welding)  6 Agustus 2022 di Semarang, Jawa Tengah.

Pembanguna  pipa gas Cisem merupakan salah satu Program Strategi Nasional (PSN) hadir untuk memperkuat rantai suplai pasokan gas bumi. Membuat akses masayarakat semakin mudah dan harganya menjadi lebih terjangkau secara berkelanjutan.

Adapun kontraktor proyek transmisi migas Cisem adalah KSO PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) - Elnusa dengan lingkup pekerjaan berupa pembangunan jalur pipa gas 20 dengan panjang 60 kilometer (km) dari Stasiun Semarang ke Stasiun Batang.