Logo baru Nokia,
Tekno

Promosikan Inovasi Teknologi, Nokia Umumkan Dirikan Laboratorium di Dubai

  • Simak penjelasan mengenai laboratorium Nokia yang rencananya akan dibangun di Dubai.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Perusahaan produsen handphone atau ponsel, Nokia mengumumkan akan mendirikan laboratorium inovasi terbuka di Dubai. Tujuan dari pendirian laboratorium ini adalah untuk mempromosikan inovasi teknologi di Timur Tengah dan Afrika. Tidak hanya itu, perusahaan juga berharap adanya peningkatan teknologi baru seperti AI dan machine learning.

Fokus Laboratorium Nokia

Laboratorium inovasi Nokia ini rencananya akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan di wilayah yang luas. Perusahaan mengatakan bahwa laboratorium baru tersebut akan berfokus pada tiga bidang penting untuk memberikan manfaat praktis bagi operator dan perusahaan, yaitu sebagai berikut.

AnyRAN untuk Komunikasi 5G

Nokia mengklaim bahwa solusi anyRAN miliknya dapat membantu mengembangkan teknologi cloud RAN yang menjadi solusi dan dapat digunakan secara paralel dengan Radio Access Networks (RAN) yang dibuat khusus untuk memastikan konsistensi kinerja. Hal ini akan memberikan serangkaian pilihan yang lebih fleksibel bagi vendor teknologi serta menciptakan lingkungan operasi yang dapat memenuhi kebutuhan operator dan perusahaan akan keterbukaan dan efisiensi.

Jaringan Nirkabel Pribadi dan Industri

Laboratorium ini rencananya akan menampilkan case Industri 4.0 berdasarkan platform MX Industrial Edge (MXIE) yang memimpin pasar dari Nokia. Diharapkan hal tersebut dapat membantu Nokia mempercepat transisi mereka menuju Industri 4.0 di wilayah tersebut.

MantaRay Nokia untuk Network Intelligence

Nokia ingin mewujudkan peningkatan penerapan solusi AI dan ML dalam otomatisasi dan optimalisasi jaringan. Rencananya, teknologi MantaRay dari Nokia digunakan untuk manajemen dan otomatisasi jaringan di lab tersebut.

Senior Vice President Nokia, Mikko Lavanti mengatakan bahwa mereka dengan senang meluncurkan lab inovasi terbuka tersebut di kawasan Timur Tengah dan Afrika. Hal itu menegaskan komitmen mereka untuk bekerja sama dengan mitra seperti Dell dan HP di bidang teknologi di masa depan. Kolaborasi ini nantinya akan meningkatkan adopsi teknologi baru di wilayah itu. Selain itu, mereka juga dapat membantu operator dan perusahaan meningkatkan efisiensi dan kinerja jaringan serta membuka peluang kerja baru.

Keuntungan Adanya Laboratorium Baru Nokia di Dubai

Laboratorium baru dari Nokia yang akan didirikan di Timur Tengah atau di Dubai ini tentu akan memberikan peluang dan keuntungan bagi wilayah tersebut, seperti berikut.

Munculnya Lapangan Kerja

Laboratorium baru tentunya akan menciptakan lapangan kerja baru bagi talenta lokal. Hal ini termasuk mereka yang memiliki keahlian di bidang penelitian, insinyur, dan developer atau pengembang.

Transfer Teknologi

Adanya laboratorium ini akan meningkatkan transfer teknologi dan pengetahuan dari Nokia ke mitra lokal. Diharapkan hal ini akan membantu membangun kapasitas dan keahlian lokal.

Menciptakan Ekosistem Inovasi

Adanya laboratorium akan membantu menciptakan ekosistem inovasi yang dinamis di wilayah tersebut. Ekosistem ini akan membantu mempertemukan para peneliti, pengusaha, dan investor yang dapat mendorong munculnya inovasi dan pertumbuhan.

Itu tadi penjelasan mengenai laboratorium Nokia yang rencananya akan dibangun di Dubai. Apakah Anda setuju?