<p>File foto 17 Desember 2004 ini menunjukkan pintu belakang rumah bintang pop Michael Jackson di Neverland Ranch di Santa Ynez, California, AS. Dok: AP. </p>
Gaya Hidup

Properti Milik Michael Jackson Dijual Murah ke Miliarder Ron Burkle

  • LOS ANGELES – Properti Neverland Ranch milik Michael Jackson di California, Amerika Serikat, telah dibeli pengusaha miliarder Ron Burkle. Burkle ialah rekan bintang pop Michael Jackson dan pendiri perusahaan investasi Yucaipa Companies. Ia merogoh kocek US$22 juta, setara dengan Rp308 miliar, untuk memiliki properti seluas 2.700 hektare yang terletak di Los Olivos, dekat Santa Barbara, […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

LOS ANGELES – Properti Neverland Ranch milik Michael Jackson di California, Amerika Serikat, telah dibeli pengusaha miliarder Ron Burkle.

Burkle ialah rekan bintang pop Michael Jackson dan pendiri perusahaan investasi Yucaipa Companies. Ia merogoh kocek US$22 juta, setara dengan Rp308 miliar, untuk memiliki properti seluas 2.700 hektare yang terletak di Los Olivos, dekat Santa Barbara, itu.

Dilansir dari AP, Burkle menilai properti itu merupakan peluang bank tanah (land banking).

Harga jual properti senilai US$22 juta itu turun dari 2016 senilai US$100 juta. Lantas, setahun kemudian, merosot lagi menjadi US$67 juta.

Selain hunian utama seluas 12.500 kaki persegi dan kolam renang seluas 3.700 kaki persegi, Neverland Ranch menawarkan bangunan terpisah dengan bioskop yang memuat 50 kursi serta studio tari.

Bagian lain di properti itu yakni stasiun kereta bergaya Disney, rumah pemadam kebakaran, dan gudang.

Juru bicara Burkle mengatakan Burkle telah mengincar Danau Zaca yang terletak di sebelah properti untuk Soho House baru. Soho House ialah klub khusus anggota yang berlokasi di Los Angeles, Miami, New York, dan Toronto. Burkle pemegang saham pengendali Soho House.

Namun, Burkle memutuskan bahwa lokasinya terlalu terpencil dan mahal untuk sebuah klub. Setelah Burkle melihat properti itu dari udara, dia mengajukan penawaran untuk membelinya.

Dilansir dari NBC News, Michael Jackson membeli properti di Los Olivos yang kemudian disebut Neverland Ranch pada 1988 senilai US$19,5 juta.

Ketika masalah keuangan menimpanya, ia menyerahkan hak milik properti itu kepada Colony Capital LLC yang memegang pinjaman atas properti tersebut.

Neverland yang diambil dari kisah Peter Pan menjadi tempat peristirahatan favorit Jackson yang meninggal dunia pada 2009 di usia 50 tahun.