Ilustrasi logo Bank Indonesia.
Insight Langit Biru

Prospek Ekonomi hingga Hilangnya Marshanda, Ini 9 Isu Trending Hari Ini

  • Investor di pasar modal sudah menembus 9 juta orang, yang didominasi investor muda
Insight Langit Biru
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Selasa, 28 Juni 2022. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.

1. BI Ingatkan Stagflasi Global Membayangi Prospek Ekonomi Indonesia

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, masih ada risiko yang membayangi pergerakan perekonomian Indonesia ke depan. Risiko ini terutama datangnya dari kondisi global yang masih diliputi ketidakpastian. 

Sedikit gambaran, kondisi stagflasi adalah kondisi di saat perekonomian suatu negara mengalami peningkatan harga (inflasi) yang signifikan, di saat negara tersebut kemudian mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, BI sangat memperhatikan kondisi inflasi dalam negeri.

Menurut Destry, inflasi pada tahun ini memang akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya, dan bahkan bisa berada di batas atas kisaran sasaran BI yang sebesar 4% yoy, atau lebih tepatnya inflasi 2022 mungkin ada di level 4,2% yoy.

2. Jokowi Sebut RI Butuh Investasi Besar di Sektor Energi Bersih di KTT G7

Presiden Joko Widodo mengajak negara-negara G7 untuk berkontribusi memanfaatkan peluang investasi di sektor energi bersih di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 sesi working lunch dengan topik perubahan iklim, energi, dan kesehatan, di Elmau, Jerman.

Menurut Jokowi, potensi Indonesia sebagai kontributor energi bersih, baik di dalam perut bumi, di darat, maupun di laut, sangat besar. Namun, Indonesia membutuhkan investasi besar dan teknologi rendah karbon untuk mendukung transisi menuju energi bersih yang cepat dan efektif.

3. BNI, Telkomsel, dan MCAS Group Tandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk Sinergi Produk dan Layanan Digital

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), bersama PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS Group) tandatangani perjanjian kerja sama, di Menara BNI Jakarta.

Kerja sama tiga pihak ini untuk mensinergikan produk dan layanan digital. BNI dengan jaringannya yang luas, salah satunya adalah jaringan Agen46 akan mendistribusikan produk dan layanan Telkomsel seperti kartu SIM, voucher fisik, pulsa, paket data, dan deretan produk unggulan Telkomsel lainnya.

4. Penerapan Prinsip ESG, BRI Dinilai Unggul di Investasi Hijau

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menjalankan prinsip ESG atau environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola perusahaan) secara masif seiring dengan aspek keuangan berkelanjutan (sustainable finance).

Dengan rekam jejak BRI di seluruh indeks berbasis ESG, pengamat pasar modal yang juga founder Sahamology dan CEO Teman Trader Luqman El Hakiem Syamlan atau Luke Syamlan mengatakan, BRI memiliki posisi yang semakin kuat di bidang ESG.

5. BEI: Jumlah Investor Pasar Modal Tembus 9 Juta Orang

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut jumlah investor di pasar modal sudah menembus 9 juta orang, yang didominasi investor muda.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi jumlah investor pasar modal Indonesia hingga hari ini sudah melampaui 9 juta investor.

Jumlah investor pasar modal telah meningkat lebih dari 1,57 juta single investor identification (SID) atau 21% dari tahun sebelumnya.

Jumlah investor saham juga mengalami peningkatan menjadi 3,988,341 SID per 24 Juni 2022 atau bertambah lebih dari 536.000 SID atau 15,6% dari tahun sebelumnya.

6. Saham Nikel Anjlok Berjamaah, Ada INCO, ANTM hingga TINS

Harga saham emiten nikel kompak anjlok pada lanjutan sesi I perdagangan. Pelemahan saham nikel terjadi seiring terkoreksinya harga komoditas nikel selama sepekan lalu.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 11.12 WIB, saham PT PAM Mineral Tbk (NICL) anjlok hingga batas auto rejection bawah (ARB) 6,93% ke Rp94/saham. Saham NICL telah turun selama 5 hari berturut-turut dengan penurunan 18,26% sepekan.

Setali tiga uang, saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) anjlok hingga ARB 6,75%. Dengan ini, saham INCO sudah merosot selama 4 hari beruntun. Alhasil, dalam sepekan saham INCO ambles 11,65%.

Kemudian, duo saham emiten pelat merah, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Timah Tbk (TINS) masing-masing turun 3,81% dan 2,36%. Dalam sepekan, saham ANTM dan TINS masing-masing anjlok 8,70% dan 14,24%. 

Tidak ketinggalan, saham PT Central Omega Resources Tbk (DKFT) dan PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) masing-masing turun 1,63% dan 0,56%. Pekan lalu, harga nikel merosot di tengah kekhawatiran resesi ekonomi secara global.

Mengutip data Barchart, harga nikel untuk kontrak Juni 2022 ambles 4,79% selama sepekan terakhir menjadi USD 23.996 per ton.

7. Pemprov DKI Cabut Izin Usaha Semua "Outlet" Holywings di Jakarta Imbas Penjualan Minuman Beralkohol

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi mencabut izin usaha semua outlet Holywings yang ada di Jakarta. 
Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benny Agus Chandra, ada 12 outlet Holywings yang dicabut izin usahanya. 

Benny mengatakan, pencabutan izin oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tersebut berdasarkan rekomendasi dan temuan pelanggaran dari dua organisasi perangkat daerah, yakni Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DPPKUKM) Provinsi DKI Jakarta.

8. Boikot Aice Trending Topic di Twitter, Netizen: Tidak Patuh Hukum

Pada pagi ini, tagar boikot Aice trending topic di Twitter. Total sudah ada 6.736 cuitan dari netizen.

Tagar boikot Aice yang saat ini menjadi perbincangan, berawal dari unggahan warganet yang memperlihatkan mantan puluhan orang berunjuk rasa di depan kantor Aice, dengan membawa poster bertuliskan Tagar Boikot Aice.

Pada unggahan tersebut tertulis tagar Boikot Aice, pada keterangannya mantan pekerja Aice yang berunjuk rasa itu sudah dua tahun lebih berjuang dari luar pabrik.

9. Keluarga Tepis Kabar Marshanda Hilang di AS: Dia Baik-baik Saja

Adik artis Marshanda, Alyssa Ramadhani, memberikan klarifikasi soal kabar hilangnya Marshanda di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Alyssa menyebut Marshanda dalam keadaan baik dan tidak menghilang di AS. Alyssa menyampaikan terima kasih kepada KBRI di AS dan KJRI di LA yang telah membantu menangani kabar hilangnya Marshanda di LA.