<p>Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi / Mitrakeluarga.com</p>
Pasar Modal

Prospek Layanan JKN Cerah, Analis: Saham Mitra Keluarga (MIKA) Cocok Dikoleksi Jangka Panjang

  • Emma menilai langkah strategis MIKA untuk lebih mengembangkan segmen pasar JKN akan menjadi kunci untuk membuka potensi pertumbuhan trafik yang lebih tinggi di masa mendatang.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Operator rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) terus mengembangkan kemampuannya dengan menawarkan layanan yang lebih canggih dan kompleks. Perseroan juga dianggap berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan marjin keuntungan meskipun menerima pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Emma A. Fauni menyatakan bahwa pada 2016, perseroan mengubah Mitra Keluarga Tegal menjadi rumah sakit pertama yang melayani pasien JKN dan mengakuisisi Rumah Kasih Indonesia (RKI), jaringan rumah sakit yang didedikasikan untuk melayani pasien JKN. 

“Hal ini dilakukan perseroan guna menanggapi peningkatan jumlah pasien JKN di Tanah Air,” ujarnya melalui riset yang diterima Senin, 13 Februari 2023.

Emma menilai langkah strategis MIKA untuk lebih mengembangkan segmen pasar JKN akan menjadi kunci untuk membuka potensi pertumbuhan trafik yang lebih tinggi di masa mendatang. Sebab, ia optimistis dengan prospek jangka panjang sistem JKN di Indonesia.

Selain itu, perseroan dianggap sukses mempertahankan posisi keuangan yang sehat, di mana neraca bersih dari utang berbunga. Selama bertahun-tahun, MIKA secara konsisten mempertahankan posisi kas yang cukup dan arus kas operasional yang kuat untuk mendanai kebutuhan belanja modal internal secara memadai. 

“Kami menilai profil pertumbuhan MIKA yang sehat patut diapresiasi,” tambah dia.

Dari segi valuasi, lanjut Emma, MIKA saat ini diperdagangkan pada P/E konsensus 23F sebesar 36.8x, yang berada di -0.4 SD dari rata-rata historis P/E forward 5 tahun. Baginya, valuasi premium ini dijustifikasi oleh margjn keuntungannya yang unggul.

Adapun faktor yang mendorong tingginya marjin keuntungan perseroan adalah layanan premiumnya yang lebih baik daripada operator rumah sakit lainnya, ditambah dengan quality earnings track record.

“Kami kira MIKA adalah pilihan yang baik bagi investor dengan time horizon investasi jangka panjang,” pungkasnya.

Berdasarkan data RTI Business, saham MIKA ditutup naik 2,38% menuju level harga Rp3.010 pada penutupan sesi perdagangan Senin, 13 Februari 2023. Perseroan tercatat memiliki kapitalisasi pasar yang cukup gemuk, yakni sebesar Rp42,88 triliun.