Fasilitas pergudangan dan logistik PT MMLP.
Korporasi

Entitas Usaha Boy Thohir Lego 234 Juta Saham MMLP

  • Hal ini membuat kepemilikan saham MMLP di Provident menjadi tinggal 611,97 juta saham atau 8,88% dari jumlah saham.
Korporasi
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Provident Warehouse Pte. Ltd. menjual 234 juta sahamnya di PT Mega Manunggal Property Tbk. (MMLP) seharga Rp500 per saham. Hal ini membuat kepemilikan saham MMLP di Provident menjadi tinggal 611,97 juta saham atau 8,88% dari jumlah saham.

Sebelumnya, perusahaan asal Singapura itu menguasai 846,41 juta saham atau 12,29% di perusahaan penyedia properti logistik tersebut. Sebagai informasi, Provident Warehouse adalah entitas usaha PT Provident Investama Bersama Tbk (PALM) milik Garibaldi “Boy” Thohir. 

Penjualan 234.442.700 saham di harga Rp500 tiap saham membuat nilai transaksi penjualan saham MMLP mencapai Rp117,22 miliar. Transaksi itu diketahui tanggal 7 Juli 2023, merujuk keterangan resmi Provident Warehouse dari laman Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada bulan Juni 2023 lalu, saham dari PT MMLP juga telah dilego oleh Provident Warehouse dengan harga Rp500 per lembar. 

Sebelumnya Provident Investama Bersama (PALM) menambah porsi kepemilikan saham melalui anak perusahaannya Suwarna Arta Mandiri (SAM) pada 13 Juni 2023. Sebanyak 100 juta lembar saham PT MMLP dibeli oleh anak perusahaan PALM tersebut seharga harga Rp495 per lembar. 

Total harga keseluruhan saham yang dibeli SAM yaitu sebesar Rp49,5 miliar. Tujuan pembelian saham tersebut untuk investasi dan kepemilikan saham secara tidak langsung oleh PALM melalui anak perusahaan. Pembelian saham tersebut menyebabkan kepemilikan saham PALM atas PT MMLP mengalami peningkatan. 

Sebelumnya PALM menguasai 1,51 miliar lembar saham atau setara 21,93%. Setelah pembelian tersebut, PALM menguasai 1,61 miliar lembar saham atau setara dengan 23,39% yang keseluruhan kepemilikannya dilakukan melalui SAM. 

Seumur Jagung

Provident Warehouse Pte. Ltd. merupakan perusahaan investasi asal Singapura yang memiliki fokus pada sektor properti dan infrastruktur di Indonesia. Perusahaan ini baru didirikan tanggal 23 Februari 2021 berdasarkan hukum Negara Singapura. Kantor pusatnya juga berada di Negeri Singa.

Provident Warehouse merupakan entitas usaha PT Provident Investama Bersama Tbk. (PALM) milik Garibaldi ‘Boy’ Thohir. Adapun PT Mega Manunggal Property Tbk (PT MMLP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti.

Perusahaan ini  memiliki, mengembangkan sekaligus mengoperasikan properti logistik dan perkantoran modern yang memenuhi standar dan spesifikasi internasional. Perusahaan ini mengelola serta memiliki 13 aset di 9 lokasi strategis yang berada di berbagai kawasan lokasi industri kota besar.