Anugerah DEN Tahun 2022 Apresiasi Provinsi Perencana Energi Terbaik
Nasional

Provinsi NTB Jadi Daerah dengan Penggunaan EBT Paling Optimal Versi Dewan Energi Nasional

  • Bekerja sama dengan Pusat Studi Hukum dan Pertambangan (PUSHEP), Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan acara penganugerahan DEN Tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada provinsi di Tanah Air dengan perencanaan aspek energi terbaik.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Bekerja sama dengan Pusat Studi Hukum dan Pertambangan (PUSHEP), Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan acara penganugerahan DEN Tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada provinsi di Tanah Air dengan perencanaan aspek energi terbaik.

Dalam penganugerahaan tersebut, Provinsi Nusa Tenggara Barat menduduki peringkat pertama dalam salah satu kategori yang terdapat dalam ajang penghargaan tersebut sebagai daerah yang mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan atau EBT terbaik di Tanah Air.

"Diikuti oleh 34 Pemerintah Provinsi, penilaian Anugerah DEN Tahun 2022 dibagi menjadi lima kategori. Penilaian dilakukan secara objektif berdasarkan kriteria yang ditetapkan panitia dan data dukung yang kami peroleh," kata Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto.

Pemberian Anugerah DEN Tahun 2022 merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Anugerah DEN 2022 yang diawali dengan tiga seri Webinar Nasional serta Pameran Transisi Energi yang sudah diselenggarakan lembaga perumus kebijakan tentang energi ini sejak 27 Juli 2022 lalu.

Beberapa kategori dalam ajang penghargaan itu di antaranya daerah dengan kategori tercepat penetapan perda RUED (Rencana Umum Energi Daerah), kategori daerah terbaik dalam implementasi kebijakan dan regulasi turunan perda RUED, dan kategori daerah terbaik dalam mengoptimalkan penggunaan EBT.

Gelaran penganugerahan yang diselenggarakan DEN di Hotel Bidakara, Jakarta itu dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto, Anggota DEN, Gubernur Provinsi, pimpinan Kementerian ESDM, PUSHEP, serta badan usaha terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Djoko berharap agar acara yang digelar oleh DEN ini dapat menjadi pendorong bagi Pemerintah Provinsi dalam memaksimalkan penerapan RUED di wilayahnya masing-masing.

"Kami berharap dengan adanya acara Anugerah DEN Tahun 2022 ini dapat dijadikan sebagai pendorong dan penyemangat bagi Pemerintah Provinsi untuk terus melakukan penyusunan dan implementasi RUED di Wilayahnya," terang Djoko.