Provinsi Riau
Nasional

Provinsi Riau Dapat Hibah Rp10 Triliun dari Amerika, Untuk Bangun Infrastruktur

  • Hibah ini mencakup dukungan penyediaan lahan yang diperlukan untuk pelaksanaan proyek infrastruktur dalam kerangka program Compact-2 MCC di Patra Batu Bintang Commercial Estate (PBBCE), Kota Dumai.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau berhasil mendapatkan dana hibah senilai Rp10 triliun dari Millenium Challenge Corporation (MCC) Amerika Serikat (AS). 

Dana hibah ini rencananya  akan digunakan mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut. Pemerintah Provinsi Riau telah menjalani serangkaian proses panjang yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) untuk memperoleh dana hibah ini.

Pemerintah Riau mengungkap pentingnya infrastruktur dalam pertumbuhan ekonomi dan konektivitas di Riau. Hibah ini mencakup dukungan penyediaan lahan yang diperlukan untuk pelaksanaan proyek infrastruktur dalam kerangka program Compact-2 MCC di Patra Batu Bintang Commercial Estate (PBBCE), Kota Dumai. 

Dukungan ini merupakan langkah lanjutan pelaksanaan proyek peningkatan fasilitas feri Roro Dumai-Pulau Rupat, yang saat ini tengah dalam tahap penyusunan studi kelayakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan konektivitas dengan Pembangunan infrastruktur transportasi dan logistik di Provinsi Riau. 

Dermaga Roro Dumai dipersiapkan  untuk menghubungkan jalur internasional Roro Dumai-Melaka Malaysia, sebagai bagian dari proyek kerja sama regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle.

"Pulau Rupat berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Malaysia, sehingga perlu percepatan pembangunan aksesibilitas secara terfokus. Untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengembangan kawasan Pulau Rupat serta mengurangi antrean kapal roro menuju Pulau Rupat, perlu dibangun jalan lingkar Pulau Rupat dan dermaga yang menghubungkan antara Dumai ke Pulau Rupat," Gubernur Riau Syamsuar, dilansir antara, Rabu 1 November 2023.

Dermaga ini memiliki peran strategis sebagai infrastruktur penunjang yang akan membantu pertumbuhan ekonomi daerah, terutama di sektor perikanan dan pariwisata. Selain itu konektivitas melalui dermaga ini diharapkan dapat membuka peluang mata pencaharian dan lapangan kerja baru untuk warga sekitar.

Selain Riau, hibah senilai Rp10 triliun dari MCC Amerika Serikat juga akan diterima oleh empat provinsi lain di Indonesia, yaitu Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, dan Bali. Dana hibah ini diharapkan akan menjadi dorongan penting bagi perkembangan infrastruktur daerah yang menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah tersebut.