<p>Keindahan wisata Pantai Paal di Likupang, Sulawesi Utara / Tiket.com</p>
Nasional

Proyek Infrastruktur yang Rampung Dibangun di Kawasan Pariwisata Super Prioritas Likupang

  • JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan sejumlah proyek infrastruktur yang rampung dibangun di Destinasi Super Prioritas (DP
Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan sejumlah proyek infrastruktur yang rampung dibangun di Destinasi Super Prioritas (DPSP) Manado - Bitung - Likupang, Sulawesi Utara. 

“Kementerian PUPR telah menyelesaiakan preservasi Jalan Girian (Bitung) – Likupang 46,67 km dan jembatan 152,2 km. Selain itu, ada peningkatan Jalan Pantai Pulisan 2,8 km, serta penggantian Jembatan Marinsow dengan total panjang jalan 46,47 km dan jembatan 165,2 meter,” mengutip keterangan resmi Kementerian PUPR, Senin, 11 Oktober 2021.

Diketahui, saat ini pemerintah tengah membangun Bundaran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang nantinya dijadikan gerbang utama Kawasan Pantai Pulisan.

Bundaran KEK Likupang tersebut dilengkapi dengan jalur sepeda, jogging track, serta taman. Pembangunan serta preservasi jalan akses DPSP Manado – Bitung – Likupang ini pun diklaim bakal mempercepat waktu tempuh satu jam menjadi 40 menit dari Manado menuju Likupang.

Kemudian, Kementerian PUPR juga melakukan pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya Mendukung Pariwisata atau dikenal juga dengan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta).

Di Provinsi Sulawesi Utara, Program Sarhunta dilaksanakan di DPSP Manado-Likupang dengan renovasi dan rehabilitasi 263 unit rumah yang dibuat menjadi rumah dengan fungsi usaha di tiga Desa yaitu Marinsow, Pulisan, Kinunang dan satu Kelurahan di Pulau Bunaken. 

Rumah-rumah tersebut sudah dimanfaatkan sebagai homestay maupun usaha pendukung pariwisata lainnya dengan tarif Rp200.000 per malam.

Sebagai informasi, selain dukungan infrastruktur untuk DPSP Manado – Bitung – Likupang dan pengendalian banjir, Kementerian PUPR juga membangun 6 penampungan air hujan pada tahun 2020 di Pulau Bunaken yang tersebar di kelurahan Bunaken dan Kelurahan Alung Banua.