Peluncuran produk asuransi PRUFuture dari Prudential Indonesia. (ki-ka): Dewi Mayasari, Head of Corporate Communication Prudential Indonesia, Karin Zulkarnanen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Junaedy Aries Wijaya, Head of Product Design. Jakarta, Kamis, 22 Februari 2024.
IKNB

Prudential Luncurkan PRUFuture, Produk Asuransi untuk Milenial dan Gen Z

  • Produk ini dihadirkan Prudential sebagai produk asuransi jiwa yang lebih simpel dibanding produk asuransi Prudential lainnya, lebih mudah dipahami, premi terjangkau untuk generasi milenial dan Gen Z yang baru meniti dunia karier atau menikah, serta menyajikan berbagai manfaat optimal untuk melindungi dana jangka panjang.
IKNB
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mempersembahkan Asuransi Jiwa PRUFuture yang diprakarsai dalam rangka menyasar generasi milenial dan Z (Gen Z).

Produk ini dihadirkan Prudential sebagai produk asuransi jiwa yang lebih simpel dibanding produk asuransi Prudential lainnya, lebih mudah dipahami, premi terjangkau untuk generasi milenial dan Gen Z yang baru meniti dunia karier atau menikah, serta menyajikan berbagai manfaat optimal untuk melindungi dana jangka panjang.

Karin Zulkarnanen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia mengatakan, menurut data ASEAN Insurance Surveillance Report 2022, penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, hanya sekitar 1.4% dari Produk Domestik Bruto (PDB). 

Angka ini masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga ASEAN seperti Malaysia (3.8%), Thailand (4.6%), atau bahkan Singapura (12.5%). 

Data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada kuartal tiga 2023 menunjukkan bahwa dari 94,18 juta jumlah tertanggung baru, hanya sekitar 26 juta individu yang memiliki asuransi sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga. Hal ini menandakan bahwa kepemilikan polis individu masih perlu diperluas di Indonesia.

Meskipun demikian, survei Empowering Aspirations: Financial Preparedness in Asia yang dilakukan oleh Prudential plc di lima negara, termasuk Indonesia, menunjukkan bahwa generasi milenial dan Z mulai memberikan perhatian pada pentingnya perlindungan dengan menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk berasuransi.

Sebanyak 82% dari generasi milenial dan Z menganggap asuransi sebagai jaring pengaman (safety net) untuk menjaga stabilitas keuangan mereka. Dengan memperhatikan tantangan dan peluang ini, Prudential Indonesia meluncurkan produk asuransi jiwa yang mereka sebut sebagai #SimpelTapiBerarti, yaitu PRUFuture.

Karin menyebutkan, dengan melihat penetrasi asuransi yang masih rendah, sekaligus sebagai upaya menciptakan perlindungan yang lebih komprehensif guna melindungi dana masa depan keluarga kini dan nanti, Prudential merancang Asuransi Jiwa PRUFuture dengan masa pembayaran premi yang fleksibel agar lebih terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan, khususnya bagi keluarga muda, pengantin baru, dan anak-anak muda yang baru mulai berasuransi.

Karin pun menyebutkan bahwa data dari Indonesia Gen Z Report 2024 mencatat 73,7% dari generasi Z sudah memikirkan untuk menikah dan membina keluarga. 

Hal ini berarti mereka mulai mempertimbangkan untuk melindungi keluarga mereka tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara finansial. 

Keluarga Muda

Dengan meluncurkan Asuransi Jiwa PRUFuture, Prudential Indonesia berharap dapat menjawab kebutuhan perlindungan finansial bagi keluarga muda yang sedang membangun ketahanan keuangan mereka.

Asuransi Jiwa PRUFuture, sebagai produk asuransi jiwa tradisional, memberikan perlindungan jiwa terhadap risiko meninggal dunia hingga Tertanggung berusia 120 tahun. 

Produk ini tersedia dalam mata uang Rupiah, dengan premi mulai dari Rp500 ribu perbulan. Keunggulan lainnya adalah adanya pilihan Masa Pembayaran Premi fleksibel selama 5, 10, atau 15 tahun, serta kemudahan pembayaran premi melalui autodebit, memberikan kepastian pembayaran tepat waktu dan kenyamanan bagi nasabah.

Selain itu, Asuransi Jiwa PRUFuture menawarkan potongan premi hingga 40% untuk Polis dengan mata uang Rupiah, jika Uang Pertanggungan yang diajukan oleh Pemegang Polis memenuhi kriteria di atas Rp5 miliar dan sesuai dengan premi yang ditentukan oleh Prudential Indonesia.

Aspek unik lain yang membuat Asuransi Jiwa PRUFuture menonjol adalah dua manfaat utama yang ditawarkan. Pertama, manfaat meninggal dunia berupa 100% uang pertanggungan jika tezrtanggung Utama meninggal dunia dalam Masa Pertanggungan (hingga Tertanggung berusia 120 tahun). 

Kedua, manfaat bebas premi jika Tertanggung mengalami kondisi kritis dalam Masa Pembayaran Premi setelah melewati masa tunggu kondisi kritis selama 90 hari kalender sejak Tanggal Mulai Pertanggungan atau Tanggal Pemulihan Polis terakhir, mana yang terakhir terjadi, dan Polis tetap berlaku.

Selama periode peluncuran produk baru, nasabah berhak mendapatkan Ekstra Uang Pertanggungan hingga 10% untuk pengajuan polis hingga 31 Maret 2024, dengan polis terbit hingga 30 April 2024. 

Bagi nasabah yang menginginkan proteksi dalam mata uang Dolar Amerika Serikat (US$), Asuransi Jiwa PRUFuture juga tersedia dengan premi mulai dari US$100 perbulan. 

Selain itu, terdapat potongan premi hingga 20% untuk Polis dengan mata uang US$ jika Uang Pertanggungan yang diajukan oleh Pemegang Polis memenuhi kriteria di atas US$750.000 dan sesuai dengan premi yang ditentukan oleh Prudential Indonesia.

“Kami berharap dengan berbagai manfaat yang ditawarkan Prudential Indonesia melalui Asuransi Jiwa PRUFuture, masyarakat jadi semakin yakin melangkah dan lebih siap dengan berbagai kondisi ketidakpastian di masa kini dan nanti. Harapan ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan Prudential Indonesia menjadi mitra terpercaya dan pelindung bagi nasabah, sehingga memiliki ketahanan finansial yang kuat, baik untuk generasi saat ini maupun generasi mendatang,” tutup Karin dalam Media Briefing peluncuran PRUFuture di Jakarta, Kamis, 22 Februari 2024.