<p>Penandatangan nota kesepahaman antara Grab, Kementerian Pertanian, serta PT CPI (Prima FreshMart), PT Japfa Comfeed Indonesia (Best Meat), PT Tri Putra Panganindo (Juragan Ayam), PT Cimory (Cimory), PT Indoguna (Indoguna), dan PT Agro Boga Utama (Meat n Fresh) pada Selasa, 14 April 2020. / Grab.com</p>
Komunitas

PSBB Dilarang Bawa Penumpang, Grab Siapkan Ribuan Ojol Angkut Sembako

  • Lantaran dilarang membawa penumpang saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Grab Indonesia menyiapkan ribuan ojek online untuk mengangkut sembako.

Komunitas
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Lantaran dilarang membawa penumpang saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Grab Indonesia menyiapkan ribuan ojek online untuk mengangkut sembako.

Perusahaan transportasi online asal Singapura Grab dan Kementerian Pertanian (Kementan) serta berbagai mitra usaha retail besar berkerja sama untuk memastikan kebutuhan masyarakat terhadap bahan pangan sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah selama PSBB. Ketersediaan bahan pangan yang diperhatikan termasuk daging, ayam, ikan, susu, dan produk jadi lainnya.

Dalam kerja sama tersebut, telah ditandatangani nota kesepahaman pada Selasa, 14 April 2020, antara Grab, Kementan, serta mitra usaha seperti PT CPI (Prima FreshMart), PT Japfa Comfeed Indonesia (Best Meat), PT Tri Putra Panganindo (Juragan Ayam), PT Cimory (Cimory), PT Indoguna (Indoguna), dan PT Agro Boga Utama (Meat n Fresh).

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan kerja sama tersebut untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan akses kepada produk pangan dari rumah mereka masing-masing.

“Kemitraan ini juga membantu menciptakan kesempatan pendapatan tambahan bagi mereka walaupun mobilitas sedang terbatas di negara ini,” kata Ridzki dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, 14 April 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan apresiasinya terhadap Grab Indonesia atas kerja sama tersebut.

“Dalam mengatasi pandemi ini dibutuhkan kebersamaan dan peran serta seluruh elemen masyarakat. Memastikan pasokan pangan dalam masa pandemi seperti ini merupakan hal terpenting dalam melawan penyebaran COVID-19 di Indonesia,” kata Syahrul.

Adapun skema layanan yang disediakan oleh Grab antara lain:

1. GrabMart
Beberapa toko mitra usaha akan terdaftar sebagai mitra usaha di GrabMart untuk konsumen di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan sekitarnya agar dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab.

2. GrabExpress Nalangin
Skema ini merupakan alternatif bagi konsumen di wilayah Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Bali untuk dapat melakukan pemesanan melalui GrabExpress Nalangin.

Dalam skema ini, mitra pengantaran akan membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada mitra usaha. Setelah barang diterima pemesan, mitra pengantar dapat menerima biaya pengganti pembelanjaan.

GrabExpress Nalangin juga menyediakan layanan GrabExpress Nalangin Car yang akan melayani pelanggan dengan armada GrabCar untuk belanjaan dalam jumlah besar.

3. Pemesanan via WhatsApp
Skema bisa dilakukan mitra usaha yang memiliki akun Grab For Business sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan melalui WhatsApp. Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia. Beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini termasuk Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer’s Market, Carrefour/Transmart, dan lainnya.

Sebagai informasi, Grab telah meluncurkan GrabMart, layanan pengiriman barang-barang kebutuhan sehari-hari utnuk wilayah Jakarta dan GrabExpress Nalangin, yang membantu pelanggan di 234 kota untuk berbelanja dari rumahnya.

Lebih lanjut, Grab juga telah meluncurkan Program Bantuan Mitra, GrabCare, yang akan menyediakan bantuan finansial dan medis, mendistribusikan ribuan paket sembako, serta memberikan masker dan hand-sanitizer gratis untuk mendukung kebutuhan Mitra Pengemudi dan Pengantaran kami dalam masa yang sulit ini. (SKO)