Photo by nappy: https://www.pexels.com/photo/photo-of-men-having-conversation-935949/
Gaya Hidup

Psikolog: Sebelum Melakukan Apapun, Tanyakan Satu Kalimat Ini pada Diri Anda

  • Bruce Y. Lee MD, MBA, seorang psikolog di Psychology Today seperti dikutip oleh TrenAsia.com, Sabtu, 17 Juni 2023 mengatakan bahwa penting bagi seseorang untuk menanyakan satu kalimat sederhana terdiri dari empat kata yaitu "Apa yang bisa salah?" sebelum melakukan apapun.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Ada banyak kesalahan sembrono yang sebenarnya dapat dicegah dengan mudah. Hal ini karena kebanyakan orang langsung bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Pernahkan Anda mengamati tingkah seseorang dan berpikir "bisa-bisanya dia bertindak seperti itu." Atau mungkin pelakunya adalah Anda sendiri. Anda mengucapkan sesuatu atau mengirim pesan kepada seseorang lalu menyadari bahwa ada yang salah dengan kalimat Anda. Andapun menyesalinya. 

Kita kenal orang-orang seperti itu, yang tingkahnya membuat orang-orang di sekelilingnya menggeleng-gelengkan kepala. Contohnya seseorang yang begitu menjelek-jelekkan Anda, bergosip dan menusuk Anda dari belakang. Lalu keesokan harinya meminta bantuan Anda.

Bagaimana Untuk Menghindari Bertindak Seperti Ini?

Bruce Y. Lee MD, MBA, seorang psikolog di Psychology Today seperti dikutip oleh TrenAsia.com, Sabtu, 17 Juni 2023 mengatakan bahwa penting bagi seseorang untuk menanyakan satu kalimat sederhana terdiri dari empat kata yaitu "Apa yang bisa salah?" sebelum melakukan apapun.

Tanyakan kalimat ini sebelum mengirim pesan, email, membuat pernyataan, menyetorkan hasil pekerjaan, membuat keputusan, atau melakukan segala hal yang membuat Anda berkata "Mungkin saya sebaiknya tidak melakukannya".

Baca juga: 5 Kalimat yang Tidak Boleh diucapkan di Tempat Kerja, Gantilah dengan Ini

Kalimat "Apa yang bisa salah?" menjadi semakin penting untuk ditanyakan ketika Anda sedang terburu-buru. Karena, ketika sedang terburu-buru, Anda biasanya akan menjadi sembrono dalam berpikir dan bertindak.

Menyakan pertanyaan "Apa yang bisa salah?" kepada diri sendiri secara rutin dapat menjadi titik pemeriksaan diri yang penting. Contohnya di pagi hari, ketika Anda sedang di depan cermin tanyakan "Apakah Saya sudah mengenaikan pakaian yang pas" sebelum berjalan kelaur meninggalkan rumah. Kebiasaan ini akan terbentuk dan memaksa Anda untuk mengambil cukup waktu untuk berpikir ketika Anda sedang terburu-buru.

Pertanyaan "Apa yang bisa salah?" juga dapat membantu memastikan bahwa tanggapan atau tindakan Anda tidak murni emosional dan reaktif. Hal ini menghindarkan Anda dari sikap terlalu percaya diri dan salah menilai orang lain.

Dr Bruce menegaskan bahwa menanyakan pertanyaan "Apa yang bisa salah?" bukan berarti mengharuskan Anda berdiam diri dan berujung tidak melakukan tindakan apa-apa. Alih-alih, kalimat ini membantu Anda untuk menyadari apa yang bisa salah dan membantu Anda merencanakan tindakan dengan lebih baik untuk mencegah hal-hal yang bisa saja berakibat tidak baik. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai satu kalimat yang penting untuk ditanyakan ketika Anda ingin melakukan apapun. Semoga bermanfaat!