Ilustrasi penggunaan video assistant referee (VAR).
Gaya Hidup

PSSI Berencana Beli Perangkat VAR Bekas Piala Dunia U-20

  • Piranti video assistant referee (VAR) dipastikan bakal dipasang di semua stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Piranti video assistant referee (VAR) dipastikan bakal dipasang di semua stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Hal itu mendapat respons antusias Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Erick pun berancang-ancang membeli perangkat tersebut apabila sudah tidak digunakan lagi untuk Piala Dunia U-20. 

Kepastian pemasangan VAR di enam stadion dibeberkan International Football Association Board (IFAB). Keenam stadion itu adalah Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan Stadion Gelora Sriwijaya.

Menurut Erick, PSSI bisa saja membeli peralatan VAR yang digunakan di Piala Dunia U-20 2023. Namun dia mengakui hal itu perlu kesepakatan dengan FIFA. Diketahui, Erick Thohir ngebet menerapkan VAR di Liga 1 mulai musim depan. 

Program itu bahkan sudah dicanangkannya sejak menjadi kandidat ketum PSSI untuk mengantisipasi mafia bola. “Rezeki anak soleh. Nanti akan ada peralatan VAR yang terpasang di enam stadion. Siapa tahu kami bisa langsung beli daripada dicopot,” ujar Erick dalam keterangannya, Senin 13 Maret 2023. 

VAR di Piala Dunia U-20 nantinya bakal dipasang dan dioperasikan sekaligus oleh FIFA. Belum diketahui kapan VAR bakal dipasang di semua venue Piala Dunia U-20. Rencananya, perwakilan FIFA bakal mengunjungi Indonesia pada 21-27 Maret 2023 untuk pengecekan akhir kelayakan stadion. Piala Dunia U-20 sendiri bakal digelar 20 Mei-11 Juni 2023.