Jakarta International Stadium (JIS)
Olahraga

PSSI dan FIFA Pilih JIS jadi Venue Pembuka Piala Dunia U-17

  • Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan FIFA telah menyepakati Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia dan laga pembuka akan dimainkan di Jakarta International Stadium (JIS).
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan federasi sepak bola dunia FIFA telah menyepakati Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan diselenggarakan di empat stadion. Kabarnya Jakarta International Stadium (JIS) dipilih sebagai venue pembuka.

Sebelumnya, PSSI telah mengusulkan 8 stadion sebagai penyelenggara Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Hasilnya, usai melakukan serangkaian inspeksi, FIFA dikabarkan hanya memilih 4 stadion yakni Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Erick mengatakan alasan FIFA hanya memilih 4 stadion dari 8 yang diusulkan, lantaran untuk menghemat logistik dan memperhitungkan jarak antar kota tempat penyelenggara Piala Dunia U-17. 

"Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 dan tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin. Karena itu dari delapan stadion, hasil rapat dengan FIFA, kita sepakat empat stadion," kata Erick di Jakarta dikutip TrenAsia.com, Selasa 8 Agustus 2023.

"Kenapa empat stadion? Karena kita memikirkan logistik juga, terbang ke sana terbang ke sini kan itu harus diperhitungkan juga. Karena itu ada kesepakatan dengan FIFA, tapi yang akan mengumumkan FIFA ya, bukan saya," tambahnya.

Erick kemudian menjelaskan nantinya bakal ada dua grup yang bertanding di JIS (Jakarta), kemudian dua grup di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), satu grup di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan satu grup di Stadion Manahan (Solo).

Renovasi JIS Selesai Oktober

Sementara itu, PT Jakarta Propertindo atau (Jakpro) tengah mengebut pekerjaan penyempurnaan JIS meliputi fasilitas stadion, akses kawasan, akses pemain dan rumput sesuai standar FIFA

"Masih berjalan kan sudah dari kemarin jalan progres-nya, targetnya Oktober semua harus selesai, " kata Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin pada  Rabu, 9 Agustus 2023, seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya yang paling pokok dari penyempurnaan itu adalah soal rumput JIS yang sempat menjadi catatan FIFA. Pihaknya juga mengatakan sudah berkomunikasi dengan pemerintah untuk dilakukan pengecekan dan perawatan rumput stadion tersebut. 

“Sudah dilakukan komunikasi dan sudah dicek. Mereka besok, minggu-minggu ini, akan datang lagi untuk melihat perkembangan dan perawatannya,” ujarnya.

Setelah berkordinasi dengan Kementerian PUPR, ia menambahkan bahwa FIFA berencana datang lagi untuk melihat kondisi rumput stadion JIS.

FIFA Datang Lagi Agustus

FIFA dikabarkan akan kembali mengirim tim dari Australia dan Eropa untuk kembali ke Indonesia pada 26 Agustus 2023. Pada kunjungan tersebut, mereka akan memastikan semua kesepakatan telah diselesaikan, dari penyelesaian stadion termasuk rumput JIS hingga administrasi Piala Dunia U-17. Hal itu merupakan beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam kedatangannya nanti.