Penandatanganan LoI dalam acara Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol.
BUMN

PT INTI Kebut Kolaborasi Strategis

  • LoI tersebut memiliki tujuan menyelesaikan permasalahan sosial dasar.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Setelah berhasil memenangkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Istana Kepresidenan, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI terus melanjutkan langkah korporasinya dengan melaksanakan sejumlah kolaborasi strategis termasuk penandatanganan naskah Letter of Intent (LoI) di Barcelona.

Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman, dan Chief Executive Officer Wisercat Software Ilja Lavrov pada 8 November 2023 lalu menandatangani LoI mengenai pemanfaatan teknologi smart city. 

LoI tersebut memiliki tujuan menyelesaikan permasalahan sosial dasar seperti penanganan sampah dan limbah, transportasi, kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, dan kebencanaan. Penandatanganan ini berlangsung dalam acara Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol.

“Kolaborasi ini akan menjadi wahana untuk think globally and act locally. Nantinya, semua permasalahan sosial dasar yang ada, akan diselesaikan dengan solusi berbasis teknologi smart city terbaik,” ujar Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara dalam keterangan resmi pada Senin, 20 November 2023 di Jakarta.

Sebagai tindakan konkret dari kolaborasi tersebut, Edi Witjara menjelaskan ketiga pihak telah melanjutkan LoI dengan social mapping dan pendefinisian kebutuhan solusi digital sosial di Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Selain fokus pada pengembangan smart city, kerja sama ini juga akan difokuskan pada implementasi e-Government di Kabupaten Sumedang.

Senior Vice President Corporate Secretary PT INTI (Persero), Delvia Damayanti menambahkan perusahaan telah menjalankan kemitraan terkait distribusi kabel. Kerja sama distribusi kabel power dan kabel serat optik tersebut melibatkan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemitraan Distributor Kabel antara Pjs. Direktur Sales and Marketing PT INTI (Persero) Ahmad Taufik dan Direktur PT Global Tujuh Digital Endru Ibrahim pada 17 November 2023, di Jakarta. 

Rencananya, kerja sama distribusi kabel ini akan mencakup sinergi dalam aspek project financing, marketing, project fulfillment, project management, dan vendor sourcing.

Sebagai tambahan pada inisiatif kolaboratif dalam dua minggu terakhir, Delvia Damayanti mengungkapkan PT INTI (Persero) juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) mengenai Konsultasi Bisnis dan Teknologi Informasi, Layanan Outsourcing dan Teknik, Pengembangan Perangkat Lunak, Infrastruktur Teknologi Informasi, Keamanan Cyber, Pengembangan Staf Teknologi Informasi & Non-Teknologi Informasi. 

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Pjs. Direktur Sales and Marketing PT INTI (Persero) Ahmad Taufik dengan President Director PT Tstone Technologies Inc. Suberna Vardhan Shringla pada Rabu, 15 November 2023, di Jakarta.

Kerja sama tersebut, jelas Delvia Damayanti, rencananya akan difokuskan pada sejumlah hal terkait solusi dan aplikasi pembiayaan, pengembangan platform e-commerce sosial dan pemasaran digital, pengembangan dan pendirian pusat inkubasi sosial dan digital, pengembangan jaringan pembayaran elektronik nasional, hingga penyediaan layanan purna-jual.