Tumpukan penumpang tujuan Bogor di Stasiun Manggarai akibat penghapusan rute commuter line Tanah Abang - Bogor sehingga penumpang transit sangat padat di stasiun tersebut, Minggu 29 Mei 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

PT KAI Klaim Perubahan Pola Operasi KRL Demi Keselamatan Para Pengguna

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) melakukan kegiatan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai. Dengan terlaksanya SO, diimbau untuk para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) memperhatikan kembali perubahan pola operasi perjalanan KRL.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) melakukan kegiatan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai. Dengan terlaksananya SO, diimbau untuk para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) memperhatikan kembali perubahan pola operasi perjalanan KRL.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan perubaha pola operasi harus dilakukan, karena adanya pembangunan infrastuktur perkeretaapian yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan para pengguna KRL. 

“Tujuan lainnya yaitu dalam rangka peningkatan pelayanan dimana pengguna KRL diprediksi akan terus meningkat jumlahnya,” tambah dia dikutip dari situs resmi PT KAI Selasa, 31 Mei 2022.

Kemudian dirinya juga menambahkan sebelum adanya SO, pengguna KRL harus menyeberang rel ketika melakukan transit di Stasiun Manggarai yang dinilai sangat membahayakan. Namun saat ini, setelah dilakukan perubahan pola, para pengguna KRL cukup naik dan turun menuju peron tujuan dengan menggunakan lift, eskalator, dan tangga manual.

Selain itu, tujuan diadakan perubahan pola ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dan jumlah perjalanan KA, sehingga dapat melayani lebih banyak masyarakat yang akan menggunakan transportasi umum.

Bagi Anda yang menggunakan moda transportasi ini, diimbau agar selalu mengikuti arahan petugas demi terjaganya ketertiban di stasiun. Untuk mempermudah mendapatkan info seputar KRL, para pengguna KRL dapat mengecek info perjalanan dan jadwal KRL secara realtime di aplikasi KRL Access