penyerahan sertifikat ISO/IEC 27001:2013
Industri

PT Pertamina Trans Kontinental Meraih ISO/IEC 27001:2013, Apa Maknanya?

  • Pencapaian sertifikat ISO/IEC 27001:2013 ini menunjukkan komitmen PTK dalam mengimplementasikan proses teknologi yang aman.
Industri
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA- PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak perusahaan PT Pertamina International Shipping (PIS), berhasil meraih sertifikat ISO/IEC 27001:2013 dari PT Intertek Utama Services.

Sertifikat ini diserahkan langsung kepada Manager Information Technology PTK, Reza Ilham, oleh Rommy Irawan dari PT Intertek Utama Services Jumat 14 Juli 2023.

Selama ini dalam melaksanakan proses Industri PTK berusaha memenuhi standar yang di tetapkan. Pencapaian sertifikat ISO/IEC 27001:2013 ini menunjukkan komitmen PTK dalam mengimplementasikan proses teknologi yang aman.

PTK mengadopsi pendekatan berbasis risiko untuk tiga unsur utama, yaitu orang yang terlibat dalam keamanan (people), proses yang terlibat dalam keamanan informasi (process), dan teknologi yang digunakan sebagai kontrol teknis untuk mendukung kebutuhan bisnis (technology).

 “Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 didapatkan atas komitmen PTK dalam menjaga keamanan informasi perusahaan. Dibutuhkan komitmen yang tinggi mulai dari level Top Management sampai dengan level Operasional atau Pekerja Perwira PTK.”, ungkap Dwi Indra Kuntoadji, Vice President Legal & Relations PTK, dilansir siaran perr PTK Jum'at 14 Juli 2023.

ISO/IEC 27001:2013 adalah standar internasional yang digunakan untuk menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) atau Information Security Management Systems (ISMS). 

Standar ini berlaku untuk semua aspek yang mendukung layanan berbasis teknologi canggih dan operasional keseluruhan perusahaan. Sertifikasi tersebut menunjukkan komitmen serius dari PTK dalam menjaga kerahasiaan data perusahaan. Keamanan menjadi isu penting dalam era digital saat ini, terutama dalam hal melindungi data dan informasi perusahaan.

ISO/IEC 27001:2013 merupakan salah satu standar internasional dalam menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) atau lebih dikenal dengan nama Information Security Management Systems (ISMS).

Dengan standar ISO/IEC 27001:2013 ini, PTK semakin memperkuat posisinya sebagai pelaku bisnis yang berkomitmen dalam melindungi keamanan data dan informasi, serta memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan pemangku kepentingan. 

PTK merasa optimis dalam menghadapi masa depan bisnisnya, terutama dalam mencapai target menjadi The World Class Shipping Company & Maritime Business Company pada tahun 2026.