PT TIMAH
BUMN

PT Timah Luncurkan Berbagai Program Dukung UMKM

  • PT Timah telah menyalurkan dana pinjaman sebesar Rp10 miliar pada tahun 2023 melalui Bank BRI bagi ratusan pelaku UMKM di wilayah operasionalnya. Langkah ini bertujuan untuk memberikan dorongan dan dukungan finansial bagi para pelaku UMKM.

BUMN

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - PT Timah mendukung potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan meluncurkan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) sejak tahun 2000. Program ini berhasil membantu ribuan pelaku UMKM di wilayah operasional perusahaan, yang meliputi Provinsi Bangka Belitung, Riau, Kepulauan Riau, dan Jakarta.

Melalui PUMK, PT Timah memberikan bantuan berupa permodalan, pembinaan, pelatihan, serta dukungan dalam promosi dan pemasaran produk UMKM serta mendorong kemajuan dan kemandirian UMKM, yang berperan penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

PT Timah telah menyalurkan dana pinjaman sebesar Rp10 miliar pada tahun 2023 melalui Bank BRI bagi ratusan pelaku UMKM di wilayah operasionalnya. Langkah ini bertujuan untuk memberikan dorongan dan dukungan finansial bagi para pelaku UMKM.

Dilansir dari kabarbumn.com, Kamis, 14 Desember 2023, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan,  menyatakan bahwa program PUMK telah berjalan selama lebih dari dua dekade merupakan bentuk konkret dukungan perusahaan untuk perkembangan UMKM di wilayah operasionalnya. Hal ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

“PT Timah Tbk telah menjalankan program PUMK  sejak tahun 2000, hal ini adalah salah satu bentuk dukungan perusahaan untuk kemajuan usaha kecil di wilayah operasional perusahaan agar bisa berkembang dan mandiri sehingga bisa mendorong ekonomi masyarakat,” kata Anggi.

Dalam kurun waktu kuartal ketiga tahun 2023, 15 mitra UMKM yang tergabung dalam program PUMK PT Timah Tbk berhasil menunjukkan peningkatan signifikan. Mereka berhasil mencapai berbagai kriteria yang ditetapkan, seperti pertumbuhan jumlah pegawai, nilai pinjaman, kapasitas produksi, dan peningkatan omset.

Tak hanya itu, PT Timah Tbk juga turut mendukung promosi produk UMKM di pasar nasional dan internasional melalui berbagai pameran. Mereka juga telah melibatkan platform digital, termasuk Pasar Digital UMKM BUMN (PaDI), Tins Gallery, dan Galery Serumpun Sebalai, untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM.

Dengan kesungguhan dan komitmennya, PT Timah Tbk terus mendorong pertumbuhan UMKM agar menjadi bagian yang lebih kuat dalam menggerakkan perekonomian lokal serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat di daerah operasional perusahaan.