Jajaran Direksi PT PP dalam RUPS LB Rabu, 13 Desember 2023
BUMN

PTPP Anggarkan Capex 2024 Senilai Rp1,5 Triliun

  • Rencananya obligasi baru akan diterbitkan bulan April-Mei 2024. Dana yang diincar hingga Rp1,5 triliun digunakan untuk capex dan refinancing,

BUMN

Debrinata Rizky

JAKARTA - PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) akan menggelontorkan belanja modal atau capex dengan target hingga Rp1,5 triliun pada 2024.

Hal ini diungkap oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto. Dia menyebut pendanaan PTPP di tahun 2024 dalam tahap penyusunan.

“Rencananya obligasi baru akan diterbitkan bulan April-Mei 2024. Dana yang diincar hingga Rp1,5 triliun digunakan untuk capex dan refinancing, tapi khususnya untuk capex,” ujarnya dalam konferensi pers RUPS LB di Kantor PTPP pada Rabu, 13 Desember 2023.

Ditemui dikesempatan yang sama, Direktur Strategi Korporasi dan HCM PT PP, Sinur Linda Gustina mengungkapkan capex kemungkinan besar tidak akan digunakan untuk investasi proyek baru.

Namun hampir 50% sekitar Rp1 triliun hanya untuk melanjutkan proyek yang sudah berlangsung. PTPP juga berencana untuk melakukan pelepasan aset (divestasi) senilai Rp1,4 triliun tahun ini.

Linda merinci, divestasi yang senilai Rp1,4 triliun tersebut dilakukan pada anak usaha sekitar hampir Rp1 triliun dan aset terafiliasi senilai Rp450 miliar. Hal ini dilakukan untuk menjaga arus kas perseroan.

Divestasi aset tersebut lebih banyak dilakukan pada anak usaha, seperti PT PP Properti (Persero) Tbk (PPRO). Aset tersebut berupa landbank maupun unit-unit apartemen yang memang merupakan kegiatan pokok.

Terakhir,  juga ada pelepasan aset PP Presisi. Adapun aset-aset yang dilepas adalah yang butuh peremajaan dan beberapa bisnis yang sudah tidak lagi dilakukan Perseroan dan entitas anak.