PTPP
Korporasi

PTPP Resmi Operasikan Tol Semarang-Demak Senilai Rp5,9 Triliun

  • PT PP (Persero) Tbk (PTPP) merampungkan pembangunan konstruksi Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung – Demak, Jawa Tengah
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT PP (Persero) Tbk (PTPP) merampungkan pembangunan konstruksi Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung – Demak, Jawa Tengah. 

Setelah resmi beroperasi, masyarakta bisa melewati Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Ruas Sayung - Demak dengan membayar tarif tol awal untuk kendaraan Golongan I sebesar Rp1.195 per kilometer.

Proyek Jalan Tol yang naungi oleh BUJT PT PP Semarang-Demak (PPSD) ini di utara Jalan Nasional Semarang – Demak yang akan menunjang transportasi pada jalur Pantura, Provinsi Jawa Tengah. PPSD merupakan salah satu anak usaha PTPP yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan jalan tol. 

“Selain berfungsi sebagai konektivitas antara wilayah dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah, kehadiran Jalan Tol Semarang Demak ini juga akan difungsikan sebagai tanggul laut penahan banjir rob dan genangan air yang selama ini menjadi masalah di sekitar Kota Semarang,” kata Novel dikutip Senin 27 Februari 2023.

Dalam proyek ini, PTPP membidik  nilai internal rate of return (IRR) sebesar 11,56%. Nilai IRR tersebut dipengaruhi oleh angka proyeksi Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) sebesar 16.934 kendaraan per hari pada 2023. Sebagai informasi,  Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 memiliki lintasan sepanjang 16,01 kilometer dimulai dari Sayung Km 449 sampai dengan Km 465. 

Jalan tol yang memiliki nilai investasi sebesar Rp5,9 triliun ini memiliki skema pengembalian berupa tarif serta masa konsesi selama 50 tahun.