Ketiga anggota PAW diambil sumpahnya oleh Ketua DPR Puan Maharani, Selasa 21 November 2023
Nasional

Puan Lantik 3 Anggota DPR PAW, Salah Satunya Ganti Brigitta Lasut

  • Ketiganya dilantik untuk menjadi anggota Pergantian Antar Waktu anggota DPR dan MPR untuk sisa masa jabatan 2019-2024.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani melantik tiga anggota dewan Pergantian Antar Waktu (PAW) dalam Rapat Paripurna ke-9 masa Persidangan II Tahun Persidangan 2023-2024 di Gedung DPR, Selasa 21 November 2023. Ketiganya dilantik untuk menjadi anggota Pergantian Antar Waktu anggota DPR dan MPR untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Ketiga anggota PAW yang dilantik hari ini yaitu Rosiyati MH Thamrin, Andhika Hasan dan Kamran Muchtar Podomi. Dalam pelantikan tersebut, mereka dipandu mengucapkan sumpah oleh Puan Maharani. 

Pengucapan sumpah tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 9 Ayat (4) Peraturan DPR RI Nomor 1/2020 tentang Tata Tertib dimana sebelum memangku jabatan, anggota PAW harus mengucap sumpah lebih dahulu.

“Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keihklasan dan kejujuran. Saya harap Saudara ikuti lafal sumpah janji yang akan saya pandu,” ucap Puan, dipantau secara daring melalui saluran Youtube DPR.

Dalam Rapat Paripurna, Puan mengatakan pimpinan Dewan telah menerima petikan Keputusan Presiden RI Nomor 109/P/2023 tanggal 8 November tentang peresmian Pergantian Antar Waktu anggota DPR dan anggota MPR sisa masa jabatan 2019-2024. 

Puan melantik Rosiyati MH Thamrin dari Fraksi Partai PDI Perjuangan sebagai anggota PAW menggantikan Muhammad Rifqinizamy Karsayuda dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan. Kemudian, terdapat Andhika Hasan dari partai yang sama menggantikan Ismail Thomas dari Dapil Kalimantan Timur yang ditetapkan tersangka oleh Kejagung. 

Terakhir, Puan melantik Kamran Muchtar Podomi dari Fraksi Partai NasDem daerah pemilihan Sulawesi Utara menggantikan Hillary Brigitta Lasut. Diketahui, Hillary baru saja menyeberang ke Partai Demokrat dan menjadi caleg partai tersebut dalam pileg 2024. 

Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh 125 anggota dewan secara fisik dan 169 lainnya menyatakan izin. Hadir pula para wakil DPR seperti Lodewijk F.Paulus, Rahmat Gobel dan Sufmi Dasco Ahmad.

Adapun Rapat Paripurna DPR hari ini memiliki tujuh agenda. Rinciannya yaitu Penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2023 Beserta Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester I Tahun 2023 oleh BPK RI. 

Kemudian kedua, Laporan Komisi VI DPR RI terhadap hasil Uji Kelayakan (Fit and Propert test) Calon Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Masa Jabatan 2023-2028 dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan.

Ketiga, DPR juga membahas soal Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan atas RUU tentang Pengesahan Treaty on the Prohibition of Nuclear Weapons (Traktat mengenai Pelarangan Senjata Nuklir). 

Selanjutnya Keempat, Pendapat Fraksi-fraksi terhadap RUU Usul Inisiatif Baleg DPR RI tentang perubahan kedua atas UU No.16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan menjadi RUU Usul DPR RI.

Kelima, Pendapat Fraksi-fraksi terhadap RUU Usul Inisiatif Baleg DPR RI tentang perubahan keempat atas UU No.1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No.1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan menjadi RUU Usul DPR RI.

Keenam, Penetapan Pasangan Kerja Komisi II DPR RI dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan serta ketujuh Laporan Komisi I DPR RI terhadap hasil Uji Kelayakan (Fit and Propert test) Calon Panglima TNI dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan.