Jin BTS resmi menyelesaikan wajib militer pada Rabu, 12 Juni 2024.
Hiburan

Pulang Wamil, Jin BTS Nazar Peluk 1.000 ARMY

  • Jin BTS akan menghadiahi 1.000 pelukan untuk para ARMY dalam acara BTS Festa tahunan di Jamsil Arena, Jamsil Sports Complex, Seoul dan terbagi menjadi dua sesi. Hal ini dilakukan sebagai tanda syukur atas tuntasnya program wajib militer (wamil) pada 12 Juni 2024.
Hiburan
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Jin BTS resmi menyelesaikan wajib militer (Wamil) pada Rabu 12 Juni 2024. Dia pun mengeluarkan nazar yang tidak biasa yakni memeluk 1.000 penggemarnya.

BigHit Music, agensi BTS,  mengeluarkan pernyataan resmi di Weverse mengenai Jin BTS yang akan segera menyelesaikan masa wajib militernya. Pada 11 Juni, agensi tersebut menyatakan, “Kami sangat bersemangat untuk menyampaikan kepada Anda berita tentang Jin yang akan menyelesaikan wajib militernya. Jin hampir menyelesaikan dinas aktifnya di militer dan akan segera dibebas tugaskan,” tulisnya.

Sementara, 1.000 penggemar BTS akan mengantri di Seoul pada Kamis, 13 Juni 2024 untuk mendapatkan pelukan dari Jin, yang kembali sebagai idola K-pop setelah 18 bulan menjalani wajib militer.

Dilansir dari BBC, sebanyak 1.000 orang yang beruntung dipilih melalui undian untuk mendapatkan pelukan dari Jin, meskipun Jin menyarankan untuk memperluas jumlah tersebut hingga 3.000 penggemar.

“Meskipun perusahaan mengatakan bahwa sulit untuk melakukannya sehari setelah aku pulang dari wajib militer, aku menyatakan ingin memeluk 3000 orang. Namun, akhirnya diputuskan menjadi 1000 orang,” beber Jin.

Jin BTS akan menghadiahi 1.000 pelukan untuk para ARMY dalam acara BTS Festa tahunan di Jamsil Arena, Jamsil Sports Complex, Seoul dan terbagi menjadi dua sesi. Hal ini dilakukan sebagai tanda syukur atas tuntasnya program wajib militer (wamil) pada 12 Juni 2024.

“Acara itu diselenggarakan atas saran Jin, karena dia ingin menghabiskan waktu yang bermakna bersama ARMY,” tulis keterangan BigHit Music, dilansir dari Yonhap.

Sesi pertama adalah Jin’s Greeting, di mana Jin akan memeluk 1.000 penggemar yang terpilih melalui undian. Pada sesi kedua, ada Message from Jin yang menampilkan berbagai penampilan spesial dari Jin selama satu jam.

Meskipun sesi pertama hanya bisa dihadiri oleh penggemar di Korea, sesi kedua dapat dinikmati oleh penggemar di seluruh dunia yang memiliki keanggotaan ARMY MEMBERSHIP Global, Jepang, dan AS.

Vanessa May Leuterio, 25 tahun, tidak beruntung dalam undian tersenut, tetapi dia berhasil lolos putaran kedua dan terbang dari Filipina untuk menghadiri acara tersebut.

“Aku menangis (ketika mengetahui hasilnya) karena aku berdoa dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan slot kemenangan,” katanya. “Sangat sulit untuk menang karena itu adalah persaingan antara aku dan ribuan ARMY (kelompok penggemar BTS) yang ingin bergabung.”

Jin, 31 tahun, yang merupakan anggota tertua dari boy grup populer itu, direkrut pada Desember 2022. Dia menjabat sebagai asisten instruktur latihan di pusat pelatihan militer Korea Selatan, yang mengharuskan semua pria berbadan sehat untuk bertugas.

Jin adalah anggota BTS pertama yang diberhentikan dari tugas. Enam lainnya yaitu J-Hope, V, RM, Jimin, JungKook dan Suga masih bertugas. Sementara itu, BTS diperkirakan akan bersatu kembali pada Juni 2025.

Klarifikasi Jin BTS  

Setelah kontroversi muncul, Jin menyampaikan permintaan maaf dan menjelaskan ide tersebut sempat ditolak oleh perwakilan BigHit. Jin bahkan telah mengusulkan ide ini sejak November 2023.

Jin adalah satu-satunya anggota BTS yang akan hadir di perayaan FESTA 2024, karena anggota lainnya masih menjalani wajib militer. Oleh karena itu, dia mengusulkan acara pelukan dengan ARMY sebagai cara untuk terhubung kembali setelah 18 bulan terpisah.

“Aku perlu berbicara tentang FESTA. Aku mengusulkan ide bagus, tetapi itu mendapat banyak kritik. Aku melihat kritik itu jadi biarkan aku menjelaskan. Aku sudah merencanakannya sejak awal,” jelasnya.

“Karena aku bertanggungjawab atas FESTA tahun ini sendirian, aku menghubungi pihak penyelenggara sekitar bulan Oktober, November tahun lalu. Namun, mereka jujur dan mengatakan bahwa mereka sudah merencanakan segalanya sehingga tidak banyak lagi yang harus dilakukan,” pungkas Jin.

“Dari sudut pandang perusahaan, ada masalah keselamatan yang harus diperhatikan untuk acara seperti ini, jadi aku meminta mereka untuk mengadakannya secara indoor. Rencananya acara itu diadakan dengan memberikan pelukan kepada para pemenang,” tukasnya.