Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam untuk The Access to COVID-19 Tools Accelerator (ACT-A) di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 9 Februari 2022.
Nasional

Puncak Arus Mudik Lebaran 28-30 April, Jokowi Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

  • Jokowi mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada tanggal 28, 29, dan 30 April 2022.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan survei yang telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan menyatakan sebanyak 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor akan digunakan para pemudik tahun ini. 

Jumlah yang tergolong sangat banyak ini akan meningkatkan mobilitas kendaraan saat periode mudik Lebaran 2022. Hal ini juga diperkirakan akan menimbulkan kemacetan parah.

Dengan begitu, Presiden Joko Widodo mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar melaksanakan mudik Lebaran lebih awal. Hal ini guna untuk mengurangi risiko kemacetan di jalan.

“Saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada tanggal 28, 29, dan 30 April 2022. Saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal, tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja,” kata Jokowi dikutip dari situs Sekretariat Kabinet pada Kamis, 21 April 2022.

Selanjutnya, Presiden memberi arahan kepada pemerintah untuk menyiapkan langkah demi mengantisipasi kemacetan pada saat mudik Lebaran. Dalam hal ini, rekayasa lalu lintas wajib diberlakukan melalui sistem satu arah (one way) dan larangan truk memasuki jalan tol.

Sehubung belum berakhirnya pandemi COVID-19, Presiden juga kembali mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.