Twitter Diakuisisi Elon Musk, Bill Gates Khawatir Hoax Jadi Semakin Buruk
Dunia

Punya Harta Ribuan Triliun, Ini Daftar Orang Terkaya 2022 Versi Forbes

  • Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2022.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya dunia untuk tahun 2022. Namun ada yang berbeda dari daftar tahun ini.

Pada tahun sebelumnya, seluruh daftar orang kaya didominasi oleh miliarder kulit putih asal Amerika Serikat (AS). Namun, kali ini miliarder asal Asia, Gautami Andani secara mengejutkan masuk ke dalam daftar tiga besar.

Tak hanya itu, jumlah kekayaan yang melesat bahkan menggeser posisi mantan orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos dan Bill Gates untuk berada di bawahnya.

Melansir laman Forbes Senin, 21 Oktober 2022, berikut daftar orang terkaya dunia tahun 2022.

1. Elon Musk

Bos Tesla dan Space X, Elon Musk masih menyandang status sebagai orang terkaya di dunia. Tahun ini, total kekayaan Elon Musk tercatat mencapai US$223,8 miliar atau sekitar Rp3,4 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS).

Sama seperti tahun sebelumnya, kekayaan Elon Musk bersumber dari dua bisnis utamanya yakni perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan roket luar angkasa SpaceX.

Kekayaan Elon Musk makin melejut lantaran baru-baru ini pria yang dijuluki Iron Man telah membeli Twitter dengan nilai sebesar US$44 miliar atau setara Rp 684 triliun. Oleh sebab itu, bos baru Twitter saat ini masih memegang tahta sebagai orang terkaya sejagat raya.

2. Bernard Arnault

Bernard Arnault menduduki posisi ke-2 sebagai orang terkaya di dunia. Pengusaha asal Prancis ini memiliki kekayaan sebesar US$156,5 miliar atau sekitar Rp 2,4 kuadriliun.

Bernard Arnault adalah Ketua dan CEO dari perusahaan mode ternama dunia Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH). Perusahaannya membawahi grup yang terdiri dari 70 merek fashion ternama, termasuk Louis Vuitton dan Sephora.

3. Gautami Andani

Pengusaha asal India, Gautam Adani menempati posisi ke-3 orang terkaya dunia tahun 2022. Dia berhasil menyalip Jeff Bezos dari posisi tersebut setelah saham perusahaan miliknya meroket dalam beberapa bulan terakhir.  

Forbes memperkirakan bahwa Adani yang berusia 59 tahun memiliki kekayaan bersih US$131,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp2 kuadriliun.

Adani sendiri adalah pendiri sekaligus pemimpin Adani Group, Perusahaannya bergerakdi bidang pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India. Saham masing-masing bisnis tersebut naik antara 19 persen dan 195 persen tahun ini, karena Adani telah memimpin ekspansi agresif ke energi terbarukan, media, bandara, dan banyak lagi.

Pada Mei lalu, International Holding Co. di Abu Dhabi, yang dijalankan oleh saudara laki-laki putra mahkota Uni Emirat Arab, menginvestasikan 2 miliar dollar AS di tiga perusahaan Adani yang berfokus pada energi hijau.

4. Jeff Bezos

Jeff Bezos yang pernah menempati posisi sebagai orang terkaya dunia dua tahun lalu, harus puas dengan menempati posisi ke-4 orang terkaya di dunia 2022.

Jeff Bezos adalah pendiri perusahaan teknologi multinasional Amazon dan Blue Origin. Saat ini, perkiraan total kekayaan Jeff Bezos adalah sebesar US$126,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp1,9 kuadriliun.

Sebelumnya, Jeff Bezos menjabat sebagai Presiden dan CEO Amazon. Namun dia mengundurkan diri pada 5 Juli 2021 untuk mengejar minatnya di Space. Jeff Bezos adalah miliarder kedua yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

5. Warren Buffet

Investor kawakan yang dijuluki The Oracle of Omaha ini berada di posisi ke-5 orang terkaya di dunia tahun 2022. Tahun ini, Buffet memiliki kekayaan sebesar US$104,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp1,6 kuadriliun.

Warren Buffet dipandang sebagai salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan Berkshire Hathaway yang memiliki lebih dari 60 perusahaan termasuk yang terkenal asuransi Geico, Duracell, Dairy Queen Restaurant. Sebagai putra seorang anggota kongres AS, dia sudah membeli saham pertamanya pada usia 11 tahun.

6. Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates menempati posisi ke-6 orang terkaya di dunia tahun 2022. Tahun ini, Gates disebut memiliki kekayaan sebesar US$102,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp1,6 kuadriliun.

Pria berusia 67 tahun ini dikenal sebagai salah satu miliarder dermawan berkat aksi-aksinya di melaksanakan kegiatan filantropi. Ia juga memiliki yayasan amal swasta terbesar di dunia, “Bill and Melinda Gates Foundation”.

Perlu diketahui, Bill Gates tak pernah absen dari jajaran 10 orang terkaya dunia dalam waktu kurang lebih 3 dekade.