Museum MACAN
Gaya Hidup

Punya Sikat Gigi Bekas? Donasikan Saja untuk Pameran di Museum MACAN Jakarta

  • Sikat gigi tersebut nantinya akan dipakai untuk penciptaan karya duo seniman asal Filipina, Isabel dan Alfredo Aquilizan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Museum MACAN membuka donasi sikat gigi bekas untuk mendukung pameran “Somewhere, Elsewhere, Nowhere” yang akan dibuka pada Juni 2023. Sikat gigi tersebut nantinya akan dipakai untuk penciptaan karya duo seniman asal Filipina, Isabel dan Alfredo Aquilizan. 

Dikutip dari museummacan.org, Senin 10 April 2023, pameran akan menampilkan instalasi-instalasi berskala besar yang menyoroti tema seputar pembangunan perkotaan, perjalanan dan pergerakan manusia, eksplorasi akan pencarian jati diri, hingga bagaimana identitas terbentuk melalui pergerakan manusia. 

Praktik kolaboratif Aquilizan kerap kali berkisar pada lingkungan rumah dan keluarga, menggabungkan material-material yang mudah ditemukan seperti kardus, kertas, dan kantong plastik. Kali ini seniman yang berbasis di Brisbane, Australia, tersebut giliran menggunakan sikat gigi sebagai material utama pameran utama mereka. 

Publik dapat terlibat dalam penciptaan karya instalasi dengan berdonasi sikat gigi bekas. Menurut Museum MACAN, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi donatur yakni sikat gigi harus dalam keadaan bersih dan kering ketika didonasikan. Kedua, barang yang telah disumbangkan akan menjadi milik museum. 

Ketiga, donasi sikat gigi bekas dapat dikirim atau diantar ke Museum MACAN, AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat setiap Selasa–Minggu pukul 10.00–17.30 WIB. “Proses donasi dibuka 7 April sampai 30 April 2023,” demikian pernyataan MACAN. Pameran Isabel & Alfredo Aquilizan: Somewhere, Elsewhere, Nowhere rencananya dimulai 17 Juni 2023 hingga 8 Oktober 2023. Tertarik ambil bagian dalam penciptaan karya pameran?