Jalan Tol Yogyakarta - Bawen yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN).
Nasional

PUPR Buka 2 Tol Baru unuk Dukung Lalu Lintas Nataru

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membuka fungsi jalan tol baru guna mendukung kelancaran arus lalu lintas saat Natal dan tahun baru 2024 (Nataru).
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membuka fungsi jalan tol baru guna mendukung kelancaran arus lalu lintas saat Natal dan tahun baru 2024 (Nataru). 

Dua jalan tol yang bakal difungsikan yaitu Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan dan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Meski demikian, tidak seluruh segmen bakal difungsikan. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol Solo - Yogyakarta - Bandara YIA yang difungsikan ialah segmen Kartasura-Karanganom. Sedangkan jalan tol Japek II Selatan yang difungsikan ialah segmen Kutanegara-Sadang.

“Natal dan Tahun Baru kali ini dapat difungsikan sampai segmen Karanganom sepanjang 13 km,” ujar Basuki Hadimuljono dalam rapat bersama Komisi V DPR R, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Komisi V DPR RI, Selasa 21 November 2023.

Difungsikannya segmen tersebut menambah panjang usai lebaran lalu jalan tol tersebut juga dioperasikan pada segmen Kartasura-Pakis. Dalam rapat tersebut, Basuki juga memaparkan bahwa juga melakukan pelebaran jalan di ruas tol Cikampek - Palimanan mulai KM 71 sampai dengan KM 85. 

Tujuannya untuk mengantisipasi arus lalu lintas dari Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) jelang Nataru tahun ini. Basuki menyebut progress pelebaran tersebut telah mencapai 95% dan dapat digunakan menjelang H-10 Nataru.

Selain memaparkan jalan tol yang bakal difungsikan, Menteri PUPR juga memaparkan soal kesiapan Jalan Nasional. Jalan Nasional lintas utara Jawa sepanjang 1.129 kilometer telah mantap 96%. Kemudian lintas tengah Jawa sepanjang 1.091 kilomter telah mantap 97%. Lintas Pantai Selatan Jawa sepanjang 1.543 kilometer telah mantap 93% dan terakhir lintas Selatan Jawa telah mantap 94%.

Terakait soal jalan tol, Kementerian PUPR mencatat telah membangun 2.816 kilometer tol yang telah operasional di seluruh Indonesia. Rinciannya di Pulau Sumatera sepanjang 865 km, Pulau Jawa sepanjang 1.782 km, Pulau Bali sepanjang 10 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 62 km.

Terdapat 73 ruas jalan tol yang dikelola 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Selain itu terdapat di seluruh jalan tol terdapat Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dengan total sebanyak 132 unit. Target pembangunan jalan tol pada 2023 mencapai 410 kilomter. Saat ini telah beroperasi 218 kilometer dan 192 kilometer sisanya bakal beroperasi pada saat Nataru mendatang.