<p>Ruas Tol Trans Sumatra. / Bpjt.pu.go.id</p>
Industri

PUPR Lelang 12 Proyek Jalan Tol 669 Kilometer Rp242 Triliun

  • JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melelang 12 proyek jalan tol sepanjang 669 kilometer dengan nilai investasi Rp242 triliun pada 2020. Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto mengatakan sejumlah ruas tol yang siap dilelang antara lain Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Jalan Akses Patimban, Yogyakarya-Bawen, Solo-Yogyakarta-Bandara Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA), dan […]

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melelang 12 proyek jalan tol sepanjang 669 kilometer dengan nilai investasi Rp242 triliun pada 2020.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto mengatakan sejumlah ruas tol yang siap dilelang antara lain Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Jalan Akses Patimban, Yogyakarya-Bawen, Solo-Yogyakarta-Bandara Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA), dan Harbour Toll Road Semarang.

“Jalan Tol yang siap dilelangkan tahun 2020 sejumlah 12 ruas jalan, sepanjang 669 kilometer dengan perkiraan biaya investasi sebesar Rp242 triliun,” kata Trisasongko dalam seminar daring yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Rabu, 17 Juni 2020.

Sembilan proyek tol lainnya telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni-Juli 2020. Selain tol, Kementerian PUPR juga berencana melakukan lelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Sementara itu, Trisasongko mengungkapkan pemerintah akan meresmikan 15 ruas jalan tol sepanjang tahun ini. Lima ruas tol di antaranya bakal diresmikan pada Juni-Juli 2020.

“Jalan tol yang siap diresmikan pada 2020 sejumlah 15 ruas sepanjang 297 kilometer,” kata dia.

Lima dari 15 ruas tol tersebut sudah siap diresmikan pada Juni-Juli tahun ini. Kelima ruas tol tersebut yakni Banda Aceh Seksi IV Indrapuri-Blangbintang sepanjang 14 kilometer, Pekanbaru-Kandis-Dumai Seksi I-VI sepanjang 131 kilometer, Depok-Antasari Seksi II sepanjang 6 kilometer.

Kemudian, ruas tol Cimanggis-Cibitung Seksi IA sepanjang 3 kilometer. Terakhir ruas tol Manado-Bitung Seksi I dan Seksi IIA sepanjang 21 kilometer. (SKO)