<p>Proses pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. / Dok. Kementerian PUPR</p>
Nasional

PUPR Targetkan Bendungan Kuwil Kawangkoan Rampung Agustus 2021

  • JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara akan rampung pada Agustus 2021. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan bendungan yang merupakan pengendalian banjir di Kota Manado ini, masih menuggu masalah teknis pada pondasi. Dia berharap pekan ini sudah mulai dikerjakan konstruksi diafragmanya. “Saat ini progresnya […]

Nasional
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara akan rampung pada Agustus 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan bendungan yang merupakan pengendalian banjir di Kota Manado ini, masih menuggu masalah teknis pada pondasi. Dia berharap pekan ini sudah mulai dikerjakan konstruksi diafragmanya.

“Saat ini progresnya untuk paket satu sudah mencapai 64,5 persen dan paket dua mencapai 83,7 persen. Sehingga secara keseluruhan progres pembangunan telah mencapai 73 persen dan ditargetkan selesai Agustus tahun 2021,” kata Basuki dalam keterangan resmi yang dirilis Rabu, 22 Juli 2020.

Nantinya, kata Basuki, bendungan tersebut akan dimanfaatkan sebagai penyediaan air baku dengan debit 4,5 meter kubik per detik untuk Kota Manado, Kecamatan Kalawat, Kota Bitung, dan kawasan ekonomi kreatif (KEK) Bitung.

Bendungan yang telah dibangun sejak 2016 ini, memiliki kapasitas tampung 23,37 juta meter kubik dan luas genangan 139 hektare. Total biaya pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan sebesar Rp1,46 triliun.

Basuki menyampaikan untuk pembebasan lahan pembangunan infrastruktur di Sulawesi Utara, khususnya Bendungan Kuwil Kawangkoan relatif lancar.

“Mudah-mudahan sudah tidak ada masalah. Saya rasa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara aktif sekali sehingga saya tidak khawatir soal lahan. Kami siapkan ganti untung, tinggal prosesnya saja,” ujar Basuki.

Menurut Basuki, Bendungan Kuwil Kawangkoan ini istimewa, selain dekat dengan Kota juga dekat dengan Waruga makam leluhur masyarakat Minahasa.

“Oleh karenanya akan kami tata kawasan ini yang merupakan salah satu destinasi KSPN Manado Bitung-Likupang,” ungkap Basuki.