Pupuk Indonesia
Nasional

Pupuk Indonesia Segera Bangun Pabrik NPK Di Bontang dan Cikampek

  • SVP Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Indonesia Wijaya Laksana membeberkan bahwa PT Pupuk Indonesia (Persero) akan membangun dua pabrik pupuk NPK di Cikampek, Jawa Barat dan Bontang, Kalimantan Timur dalam waktu dekat.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - SVP Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Indonesia Wijaya Laksana membeberkan bahwa  PT Pupuk Indonesia (Persero) akan membangun dua pabrik pupuk NPK di Cikampek, Jawa Barat dan Bontang, Kalimantan Timur dalam waktu dekat.

Namun Wijaya belum membeberkan secara detail terkait kapan waktu pembangunan dimulai dan berapa anggaran yang disiapkan. Wijaya mengatakan hal itu dilakukan guna meningkatkan kapasitas produksi pupuk NPK.

"Dalam waktu dekat akan bangun dua di Cikampek dan Bontang untuk pupuk NPK, NPK nitrat based,"katanya saat ditemui di Kantor BUMN pada Senin, 13 Maret 2023.

Dua pabrik baru tersebut, masing-masing akan memiliki kapasitas produksi sebesar 100 ribu ton per tahun. Tak hanya untuk pupuk NPK, Wijaya juga mengatakan ke depannya Pupuk Indonesia juga akan membangun pabrik baru untuk pupuk urea.

Dimana pabrik baru itu rencananya akan dibangun di Palembang, Sumatera Selatan dan di Papua Barat. Karena perseroan bertujuan untuk mengefisienkan gas, pasalnya pabrik pupuk yang semakin tua disebut semakin boros gas.

Sebelumnya, Anak perusahaan Pupuk Indonesia, PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM), sebelumnya juga telah membangun pabrik pupuk NPK di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhoksumawe, Aceh senilai Rp1,7 triliun. Dengan kapasitas 500 ribu ton per tahun dan akan menambah produksi nasional hingga 3,5 juta ton per tahun.