Ilustrasi program MAKMUR dari PT Pupuk Kalimantan Timur dalam rangka menerapkan nilai ESG.
Industri

Pupuk Kaltim Duduki Peringkat Ketiga Terbaik dalam Penerapan ESG di Subindustri Agrikultur Kimia

  • Peringkat ini diraih Pupuk Kaltim per 17 Januari 2023 dalam penilaian ESG Risk Rating, yang mana perusahaan menduduki posisi ketiga terbaik dari 67 perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang subindustri agrikultur kimia di seluruh dunia.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menduduki peringkat ketiga terbaik dalam penerapan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG) di ranah subindustri agrikultur kimia di seluruh dunia.

Peringkat ini diraih Pupuk Kaltim per 17 Januari 2023 dalam penilaian ESG Risk Rating, yang mana perusahaan menduduki posisi ketiga terbaik dari 67 perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang subindustri agrikultur kimia di seluruh dunia. 

Sementara itu, dalam penilaian yang sama, Pupuk Kaltim menduduki peringkat ke-40 dari 540 perusahaan industri kimia dan peringkat ke-4.975 dari seluruh perusahaan di tingkat global.

Lembaga ESG Rating Morningstar Sustainalytics memberikan skor 21,9 poin untuk Pupuk Kaltim dengan tingkat risiko "Medium" terkait dengan penerapan ESG di perusahaan.

ESG Risk Rating yang dirilis lembaga tersebut mengukur capaian Pupuk Kaltim melalui dua perspektif penilaian, yaitu Exposure dan Management.

Exposure dalam hal ini didefinisikan sebagai kerentanan perusahaan terhadap risiko ESG sementara Management mengacu kepada aksi yang ditempuh perusahaan untuk mengatasi masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, di usia perusahaan yang ke-45, ESG menjadi suatu keniscayaan yang harus dijalankan sejak dulu, bahkan sebelum istilah ESG marak disuarakan.

"Pupuk Kaltim selalu memperhatikan aspek lingkungan dan manfaat perusahaan bagi para stakeholder dan masyarakat sekitar. Dengan menempati posisi ketiga dari perusahaan bidang agricultural chemical di dunia, tentu raihan ini menjadi suatu kebanggaan yang harus dipertahankan dan ditingkatkan," ujar Rahmad dikutip dari keterangan yang diterima TrenAsia, Jumat, 3 Februari 2023.

Dalam keterangan yang sama, Pupuk Kaltim menjelaskan bahwa pihaknya sudah berupaya mengimplementasikan ESG dalam beragam kegiatan.

Untuk aspek lingkungan, Pupuk Kaltim telah melakukan penanaman mangrove sebanyak 53.000 pohon pada catatan November 2022. Pupuk Kaltim juga telah melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 2.810 bibit.

Untuk penerapan ESG di area perusahaan, Pupuk Kaltim telah mencanangkan penggunaan kendaraan listrik untuk kegiatan operasional serta memanfaatkan Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS) yang mampu menghemat kebutuhan energi hingga 20-30%.

Pupuk Kaltim juga melakukan kegiatan Community Forest dengan berkolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) untuk program penanaman bibit pohon.

Selain dicetuskan untuk penyerapan emisi karbon, program tersebut juga ditujukan untuk perlindungan keanekaragaman hayati, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi, dan memberi nilai tambah ekonomi pada lahan yang kurang produktif.

Dengan demikian, selain menerapkan nilai lingkungan, program ini juga diselenggarakan untuk memenuhi aspek sosial dalam penerapan ESG.

Masih di ranah sosial, Pupuk Kaltim pun menggelar program Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (MAKMUR) yang hingga Desember 2022, telah terhitung ribuan petani yang dibina dengan luas tanam yang mencapai 66.136 ribu hektare dan meningkatkan produktivitas hasil panen padi dan jagung rata-rata hingga 35% dengan peningkatan rata-rata keuntungan hingga 52%.

Kemudian, dalam penerapan tata kelola perusahaan, Pupuk Kaltim juga telah merasih sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Antipenyuapan (SMAP) 2016. Pupuk Kaltim pun mendapatkan ISO 27001:2018 tentang Manajemen Keamanan Informasi.

Untuk diketahui, penilaian positif yang diperoleh Pupuk Kaltim ini pun menambah capaian serupa yang sudah diterima perusahaan.

Tahun 2022, Pupuk Kaltim meraih predikat Leadership AAA pada ajang ESG Disclosure Awards 2022 dan penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 untuk industri petrokimia dengan kategori Action.