Hotel Swiss-Belexpress Rest Area Heritage Km 260B.
Korporasi

Puri Sentul (KDTN) Siap Hadirkan Hotel Khusus di Jalan Tol Ini

  • PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) terus berekspansi dengan membangun hotel di Rest Area Heritage Km 260B.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Usai meresmikan hotel Swiss-Belexpress di ruas tol Cipali–Majalengka pada Desember 2023 lalu. Emiten perhotelan PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) terus berekspansi dengan membangun hotel yang serupa di Rest Area Heritage Km 260B, Banjarnegara pada 5 Februari 2024. 

Kali ini, emiten berkodekan saham KTDN ini bersinergi dengan PT PP Sinergi Banjaratma selaku pengelola area istirahat tersebut. Keduanya bersepakan melakukan pembagian pendapatan atau sharing revenue. 

Sementara untuk pengelolaan hotel, KTDN akan tetap menjalin kerja sama dengan Swiss-Belhotel International untuk mengelola tempat penginapan tersebut. Direktur & Corporate Secretary Puri Sentul Permai Aan R mengungkapkan bahwa pihaknya sangat optimistis atas sinergi itu. 

Sebab, lanjut dia, Rest Area Heritage Km 260B merupakan wilayah istirahat terluas dengan UMKM terbanyak di area jalan tol seluruh Indonesia. Bukan  hanya mengicar keuntungan, perseroan juga tetap menekankan pentingnya keamanan dan kenyamanan para tamu. 

“Dengan tingginya kunjungan di Rest Area ini, kami optimis bahwa tingkat hunian Hotel Swiss-Belexpress Rest Area Heritage Km 260B ini akan mencapai prestasi yang sangat memuaskan di masa mendatang,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Selasa, 6 Februari 2024. 

Aan menyatakan bahwa Swiss-Belexpress Rest Area Heritage Km 260B akan menjadi properti Hotel kelima yang dimiliki oleh PT Puri Sentul Permai Tbk. Hotel ini dijadwalkan akan mulai beroperasi pada kuartal IV-2024. 

Terletak di dalam dinding heritage rest area, kata Aan, lahan seluas 2500 m2 akan digunakan untuk membangun Hotel Swiss-Belexpress Rest Area Heritage Km 260B. Rencananya, hotel ini akan memiliki tiga lantai dengan total 25 kamar, dilengkapi dengan fasilitas Business Lounge dan kolam renang.

Selain diharapkan mampu mengdongkrak perseroan, Hotel Swiss-Belexpress Rest Area Heritage Km 260B dipercaya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberikan kontribusi melalui pembayaran pajak daerah dan melibatkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar rest area.

Di samping itu, kehadiran fasilitas hotel di rest area akan menambah variasi bisnis di lokasi tersebut, menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik. Hotel ini dianggap tidak hanya sebagai tempat istirahat bagi pengguna jalan tol, tetapi juga sebagai bagian integral dari upaya sinergi dalam pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Aan menegaskan bahwa keberadaan hotel di Rest Area bukan hanya berperan sebagai dukungan terhadap inisiatif pemerintah dalam mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol, melainkan juga sebagai kontribusi positif terhadap perkembangan industri pariwisata di Indonesia.