PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) menandatangani kerja sama dengan Swiss-Belhotel International untuk pengelolaan Xpress Hotel di rest area Tol Cipali.
Korporasi

Puri Sentul Permai (KDTN) Bekerja Sama Lagi dengan Swiss-Belhotel untuk Operasional Hotel Rest Area

  • Dengan perjanjian kerja sama ini, Xpress Hotel di rest area tersebut akan bernama Swiss-Belexpress Rest Area dan menjadi hotel kedua dan ketiga milik Puri Sentul Permai yang dikelola oleh Swiss-Belhotel International.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) bekerja sama lagi dengan Swiss-Belhotel International untuk operasional Xpress Hotel di rest area KM 166 dan KM 164 ruas Tol Cipali.

Kerja sama ini ditandai oleh penandatanganan kemitraan yang dilaksanakan oleh Direktur Puri Sentul Permai Aan Rohanah, Business Development Puri Sentul Permai Irene Nursalim, Senior Vice President of Operations & Development Swiss-Belhotel International Emmanuel Guillard, dan Direktur Utama PT Wirani Sons Made Suryadana selaku pengelola rest area KM 166 dan KM 164 ruas Tol Cipali.

Dengan perjanjian kerja sama ini, Xpress Hotel di rest area tersebut akan bernama Swiss-Belexpress Rest Area dan menjadi hotel kedua dan ketiga milik Puri Sentul Permai yang dikelola oleh Swiss-Belhotel International. Pihak Swiss-Belhotel dalam hal ini pun akan bertanggung jawab terhadap pelayanan tamu, manajemen kebersihan, dan kegiatan promosi.

Hotel yang rencananya akan mulai beroperasi pada kuartal III-2023 ini masing-masing memiliki 27 kamar bintang 3 dengan pilihan tiga tipe kamar, yaitu Express, Express Super, dan Express Suite Room.

Mengusung konsep digital hotel, Swiss-Belexpress Rest Area ini menerapkan sistem self check-in seperti hotel-hotel KDTN sebelumnya.

Aan mengatakan, perseroan melihat bahwa industri hotel di rest area adalah produk baru di Indonesia sehingga pihaknya merasa perlu untuk berkolaborasi dengan pihak lain dalam rangka memberikan edukasi kepada para pengguna jalan tol terkait pentingnya beristirahat saat melakukan perjalanan.

"itulah sebabnya perseroan juga menggandeng Swiss-Belhotel International dalam pengoperasian Xpress Hotel di rest area karena dengan nama besar dan pengalamannya dalam industri hotel diharapkan mampu meningkatkan awareness masyarakat tentang keberadaan hotel di rest area," kata Aan dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 4 Juli 2023.

Kinerja Keuangan dan Saham KDTN

Pada kuartal I-2023, Puri Sentul Permai mencatat pertumbuhan laba bersih 79,39% secara year-on-year (yoy) ke angka Rp1,2 miliar dari Rp678,6 juta pada periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, pendapatan KDTN naik 21,5% yoy ke Rp7,27 miliar.

Pendapatan perseroan hingga akhir kuartal I-2023 berasal dari sewa kamar hotel sebesar Rp5,86 miliar, penjualan makanan dan minuman yang berkontribusi Rp1,4 miliar, dan pendapatan lain-lain Rp1,4 juta.

Total aset KDTN tumbuh 0,40% secara quarter-on-quarter (qoq) dengan angka Rp77,80 miliar naik dari akhir Desember 2022 sebesar Rp77,48 miliar.

Liabilitas KDTN turun 7,18% qoq menjadi Rp11,62 miliar dibanding Desember 2022 sebesar Rp12,52 miliar sehingga ekuitas naik 1,8% qoq menjadi Rp66,18 miliar dibanding Desember 2022 sebesar Rp64,96 miliar.

Sementara itu, menurut data RTI Business, Selasa, 4 Juli 2023 pukul 11.35 WIB, saham KDTN tengah menempati posisi Rp120 perlembar. Secara year-to-date (ytd), saham KDTN terpantau melemah 17,24%.