Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Dunia

Putin Mengaku Tidak Kehilangan Apapun di Ukraina

  • Presiden Vladimir Putin mengaku Rusia tidak kehilangan apapun dalam operasi militer di Ukraina.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

MOSKOW-Presiden Vladimir Putin mengaku Rusia tidak kehilangan apapun dalam operasi militer di Ukraina. Putin juga kembali menegaskan rezim sanksi yang diberlakukan Amerika dan Eropa tidak akan berpengaruh ke Rusia dan justru akan merusak ekonomi mereka sendiri.

Saat berbicara di Forum Ekonomi Timur di Vladivostok Rusia Rabu 7 September 2022 Putin mengatakan Rusia tidak kehilangan apa pun dan tidak akan kehilangan apa pun di Ukraina. 

Keuntungan utama Rusia dari operasi militer yang sedang digelar menurutnya adalah penguatan kedaulatan negaranya dan ditujukan untuk "membantu orang" yang tinggal di wilayah Donbas di Ukraina timur.  

“Kami tidak kehilangan apa pun dan tidak akan kehilangan apa pun. Keuntungan utama kami adalah penguatan kedaulatan kami. Kami tidak memulai apa pun, dalam hal aksi militer, tetapi hanya berusaha untuk menyelesaikannya,” kata Putin kepada hadirin.

Putin juga mengaku Rusia tidak memulai apa pun dalam hal aksi militer, tetapi hanya berusaha untuk  mengakhiri operasi yang dimulai pada 2014, setelah  apa yang dia sebut sebagai kudeta  Ukraina menghasilkan  rezim tidak sah. Meskipun dia tidak secara spesifik menyebut Ukraina, dia juga membantah bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional.

Di bagian lain Putin juga  menyerang Inggris dengan mengatakan cara Inggris memilih para pemimpinnya  jauh dari demokratis. Pernyataan ini tentu saja terkait dengan terpilihnya Liz Truss  menjadi Perdana Menteri menggantikan Boris Johnson.

Putin kembali menegaskan  akan  mustahil untuk mengisolasi Rusia, meskipun ada sanksi Barat. Dia mengatakan Moskow akan menentang upaya Barat untuk mendorong Rusia dari panggung global dan akan melihat ke pasar di Timur Tengah dan Iran sebagai gantinya. Namun dia mengakui sanksi telah mengakibatkan  beberapa kesulitan di beberapa industri dan wilayah.

Putin mengatakan Rusia tidak akan memiliki masalah menjual sumber daya energinya yang besar ke seluruh dunia.   Dan situasi buruk justru akan dialami  bisnis Barat. Daya saing perusahaan-perusahaan Eropa menurun karena otoritas Uni Eropa sendiri merampas hak mereka mendapatkan bahan baku, sumber daya energi dan pasar penjualan.

“Tidak peduli seberapa besar seseorang ingin mengisolasi Rusia, tidak mungkin melakukan ini”, kata Putin. Dia  mencatat bahwa  peran  negara-negara di kawasan Asia-Pasifik telah meningkat secara signifikan.

Orang kuat Rusia ini juga mengaku tertipu dengan perjanjian yang memungkinkan ekspor biji-bijian dari Ukraina. Hal ini karena ternyata gandum tidak dikirim ke Rusia atau negara-negara miskin dan berkembang. Tetapi diterima oleh negara Uni Eropa.

Pernyataan Putin dikeluarkan di tengah perang yang terus berkecamuk di Ukraina dengan puluhan ribu korban meninggal di kedua pihak. Rusia dan Ukraina juga telah kehilangan ribuan peralatan militernya selama lebih dari enam bulan perang tersebut.