Danone
Dunia

Putin Tunjuk Keponakan Kadyrov Pimpin Danone Rusia

  • Sebelumnya perusahaan tersebut telah disita oleh Rusia sebagai rangkaian balas dendam Moskow atas pembekuan aset Rusia oleh negara barat.
Dunia
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

MOSKOW– Presiden Vladimir Putin menunjuk Menteri Pertanian Chechnya Yakub Zakriev , untuk mengepalai anak usaha Danone yang memproduksi yogurt di Rusia. Sebelumnya perusahaan tersebut telah disita oleh Rusia sebagai rangkaian balas dendam Moskow atas pembekuan aset Rusia oleh negara barat.

Presiden Putin telah menerbitkan aturan baru yang memungkinkan Moskow untuk menyita aset perusahaan negara-negara yang dianggap melakukan sanksi ekonomi dan pembekuan aset Rusia di luar negeri, termasuk juga penyitaan aset perusahaan asal Rusia yang beroperasi di luar negeri. Zakriev merupakan keponakan dari presiden Chechnya Ramzan Kadyrov yang merupakan sekutu dekat Vladimir Putin.

Pasca penyitaan tersebut Danone mengumumkan bahwa mereka bersiap untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi hak-hak mereka sebagai pemegang saham Danone Russia.

Sebelum disita, Danone dan pabrik bir Baltika milik Carlsberg berencana menjual unit bisnis mereka di Rusia. Namun langkah tersebut urung dilakukan setelah Putin memerintahkan penyitaan aset dan pembekuan saham.

Danone telah memulai proses penjualan bisnisnya di Rusia sejak Oktober tahun 2022. Sementara itu, Carlsberg mengatakan telah menandatangani perjanjian untuk menjual Baltika Breweries pada bulan lalu.

Taimuraz Bolloev sekutu dekat presiden putin telah ditunjuk sebagai direktur bisnis Carlsberg, Baltika Breweries. Sebelumnya Bolloev telah memimpin Baltika dari tahun 1991 hingga 2004, diketahui dirinya mengundurkan diri pasca saham mayoritas di perusahaan tersebut diambil alih oleh Carlsberg dari Denmark 

"Dengan ditandatanganinya keputusan presiden pada tanggal 16 Juli 2023, Carlsberg Group tidak lagi memegang kendali atas manajemen atau operasi Baltika Breweries. Perubahan manajemen Baltika Breweries telah dilakukan tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari Carlsberg Group" ungkap perusahaan dalam siaran persnya, dikutip Yahoo.com, kamis, 20 Juli 2023.

Baltika Breweries dikenal sebagai produsen beberapa merek bir paling terkenal di Rusia, dengan lebih dari 8.400 karyawan yang bekerja di delapan pabrik.