<p>Pradesain Istana Negara di calon ibu kota baru di Kalimantan Timur / YouTube Presiden Joko Widodo</p>
Nasional

Putri Indonesia dan Seniman Senior Dukung Pembangunan IKN Nusantara

  • Putri Indonesia dan sejumlah seniman senior sangat mendukung gagasan pemindahan ibu kota negara (IKN) yang sebentar lagi akan dibangun.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Putri Indonesia dan sejumlah seniman senior sangat mendukung gagasan pemindahan ibu kota negara (IKN) yang sebentar lagi akan dibangun. Dukungan tersebut disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan yang digelar pada 23 dan 24 Februari 2022 di Istana Negara, Jakarta.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi pada Kamis, 24 Februari, Puteri Indonesia 2020 asal Jawa Timur, Rr. Ayu Maulida Putri, mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur membuatnya merasa bangga sekaligus bahagia.

Menurut dia, pembangunan IKN dengan total anggaran Rp501 triliun tersebut bisa menjadi tolok ukur Indonesia sebagai negara maju dan bukan hanya negara berkembang.

Tidak hanya itu, bagi Ayu, pembangunan IKN Nusantara sekaligus merupakan wujud komitmen pemerataan pembangunan sehingga tidak hanya fokus di Pulau Jawa.

"Saya juga percaya Indonesia akan makin berkembang, seluruh masyarakatnya juga makin maju, mendapatkan motivasi, dan juga inspirasi untuk melakukan yang terbaik dari jati diri mereka untuk memberikannya kepada Indonesia," katanya dikutip dari keterangan resmi, Kamis, 24 Februari 2022.

Hal senada disampaikan Putri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati asal Bali. Dia berharap bahwa pembangunan IKN Nusantara bisa berdampak pada pemerataan ekonomi dan pembangunan bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Selain itu, IKN Nusantara juga diharapkan bisa menjadi simbol keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia.

“Semoga bisa menjadi kota panutan untuk pembangunan dan juga kelangsungan kota-kota yang sudah ada di Indonesia. Jadi menjadi kota panutan," ucapnya.

Sementara itu, Putri Indonesia DKI Jakarta 2 tahun 2022, Saira Saima mengatakan sangat bangga dengan kinerja anak bangsa yang menghasilkan desain ibu kota yang luar biasa berikut tata ruang kota yang juga baik.

"Di sana ternyata 70 persen masih didominasi oleh hutan dan hijau. Jadi kita tidak perlu khawatir jika misalkan area hijau di sana berkurang karena ternyata pemerintah kita pun sudah menyiapkan rehabilitasi," ujarnya.

Dukungan juga datang dari para seniman senior. Para seniman tersebut yakni Indrodjojo Kusumonegoro atau Indro Warkop, Ida Royani,  Samsudin Hardjakusumah alias Sam Bimbo, Sidarto Danusubroto, Ramdani Basri, Widyawati Sophian, Marini Suryosumarno, Hanna Widjaya, Roy Marten, Rita Nasution, Aida Mustafa, Vivi Sumanti, dan Iin Bimbo.

Ida Royani dalam pertemuan dengan Jokowi menyatakan dukungannya terhadap gagasan yang dicetus Kepala Negara mengenai IKN Nusantara.

“Kita mendukung semua program-programnya Pak Jokowi, terutama program yang ada di Kalimantan, membuat ibu kota baru. Insyaallah tadi kita sudah lihat bagus sekali. Mudah-mudahan nanti seluruh rakyat Indonesia bisa jalan-jalan ke sana, kita bisa berwisata ke sana untuk melihat kota yang baru," ungkapnya.

Dukungan serupa juga datang dari salah satu personil grup Bimbo, Sam Bimbo. Bahkan, sebelum rencana pembangunan IKN, Bimbo telah membuat lagu bertema Nusantara.

“Kami dari Bimbo mendukung ibu kota baru di Kalimantan. Sebelum itu jadi (nama IKN) pun, kami sudah membuat lagu Bumiku Nusantara," terang Sam Bimbo.

Sementara itu, Indro Warkop menyampaikan aspirasi mereka terkait kebudayaan. Dia mengatakan para seniman senior akan terus memberikan masukan untuk pemerintahan Presiden Jokowi hingga akhir masa jabatannya.

"Buat kami ini sebuah hal yang berharga karena kami bisa mengutarakan aspirasi kami sebagai seniman di Indonesia," ungkapnya.