Dunia

Putri Kim Jong Un Melakukan Penampilan Publik Pertama

  •  PYONGYANG- Putri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un untuk pertama kalinya melakukan penampilan publik.Gambar-gambar yang dibagikan oleh Kantor Berita KCNA
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

PYONGYANG- Putri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un untuk pertama kalinya melakukan penampilan publik.

Gambar-gambar yang dibagikan oleh Kantor Berita KCNA menunjukkan putrinya berdiri di samping pemimpin dengan jaket puffer putih serta memegang tangan Kim, saat mereka melihat perangkat keras militer.

Media pemerintah tidak menyebutkan nama gadis yang menemani Kim saat mengawasi uji coba penembakan rudal pada hari Jumat 18 November 2022.

Badan tersebut mengklaim bahwa Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua jenis baru pada hari Jumat dari Lapangan Udara Internasional Pyongyang. Rudal terbang sejauh hampir 1000 km.

Sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadi Kim Jong Un. Namun pada tahun 2013, mantan bintang bola basket Dennis Rodman mengatakan kepada harian Inggris Guardian bahwa Kim memiliki "bayi" yang disebut "Ju Ae." Dia mengatakan menghabiskan waktu bersama keluarga dan  menggambarkan Kim sebagai  ayah yang baik. Rodman juga mengaku berbicara dengan istri Kim, Ri Sol Ju.

Diajak melihat rudal/KCNA

“Saya menggendong bayi mereka Ju Ae dan berbicara dengan Ms. Ri juga,” katanya kepada surat kabar itu.

Spekulasi muncul pada 2012 bahwa Ri mungkin hamil setelah sebuah foto yang dirilis media pemerintah menunjukkan dia mengenakan mantel panjang yang bisa menyembunyikan benjolan. Namun pihak berwenang Korea Utara tetap diam tentang masalah ini.

Media pemerintah juga tidak mengumumkan pernikahan Kim dan Ri hingga Juli 2012. Sekitar tiga tahun setelah intelijen Korea Selatan yakin pernikahan itu terjadi.

Korea Utara sangat tertutup terkait keluarga Kim Jong un /KCNA

Tetapi itu berubah pada tahun 2018, ketika dia diberi gelar baru "Ibu Negara yang dihormati" oleh media pemerintah Korea Utara. Sebuah langkah maju dari sebutan "Kamerad" yang sebelumnya digunakan. Sebutan baru menurut para analis juga sebuah tanda dia mendapatkan kultus tersendiri. National Intelligence Service (NIS) Korea Selatan meyakini Kim dan Ri memiliki tiga anak.