<p>Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri. / Dok. PArtai Gerindra</p>
Nasional

Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Akibat Terpapar Corona, Gerindra Berduka

  • Petinggi Gerindra Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia, hari ini, 3 Juli 2021 pukul 06.45 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia, hari ini, 3 Juli 2021 pukul 06.45 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Anak dari presiden pertama Indonesia Soekarno ini tutup usia akibat terpapar virus corona (COVID-19).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan duka lewat akun Instagramnya. Sufmi juga meminta masyarakat mengirimkan doa untuk almarhumah.

“Keluarga besar Partai Gerindra merasa kehilangan mendalam atas berpulangnya salah satu putri Presiden pertama Republik Indonesia itu,” ujarnya.

Dasco menuturkan Rachmawati merupakan sosok seorang ibu, kakak dan panutan Partai Gerindra. Khususnya bagi kaum perempuan. Rachmawati juga menjadi tempat berkeluh kesah dalam perjuangan bersama Gerindra.

Profil Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati yang bernama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno lahir di Jakarta pada 27 September 1950.

Rachmawati menempuh pendidikan sarjana (S1) di Fakultas Hukum Universitas Bung Karno pada 2002 dan lulus meraih gelar Sarjana Hukum. Ia lalu mengambil kuliah pascasarjana (S2) tahun 2017 dan meraih gelar Magister Hukum di kampus yang sama pada 2020.

Semasa hidup, Rachmawati menikah dengan tiga pria. Ia menikahi Martomo Pariatman Marzuki alias Tommy pada 1969. Namun pernikahan pertamanya ini tidak berlangsung lama.

Setelah berpisah dari Tommy, ia menikah dengan aktor film Dicky Suprapto tahun 1975. Dari pernikahannya, Rachmawati melahirkan dua anak bernama Muhammad Marhaendra Putra dan Muhammad Mahardhika Putra.

Bercerai dengan Dicky Suprapto, dia menikah kembali dengan Benny Sumarno pada 1995. Benny adalah ayah dari aktor Anjasmara. Benny meninggal dunia pada April 2018.

Rachmawati telah berkecimpung di ranah politik, sosial, dan pendidikan. Ia pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno.

Rachmawati sempat mendirikan Partai Pelopor (2002-2012). Kemudian, dia masuk Partai NasDem (2012-2014), dan bergabung dengan Partai Gerindra yang didirikan Prabowo Subianto hingga tutup usia. (LRD)