Ilustrasi bos team work bekerja bos pemimpin
Gaya Hidup

Radical Candor: Manfaat dan Cara Menerapkannya di Tempat Kerja

  • Saat mengkomunikasikan kritikan dan masukan, jangan memperlihatkan sikap sombong

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Radical candor adalah istilah yang diperkenalkan Kim Scott, mantan eksekutif Google dan Apple dalam bukunya yang berjudul Radical Candor: Be a Kickass Boss Without Losing Your Humanity. 

Radical candor adalah konsep kepemimpinan yang menggabungkan keterbukaan dan kepedulian terhadap orang lain. Sebagai bos, Anda akan mengatakan semuanya secara jujur namun tetap memperhatikan perasaan anggota tim Anda. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum manfaat dan cara menerapkan radical candor di tempat kerja dari berbagai sumber:

Manfaat Radical Candor

1. Radical candor memungkinkan komunikasi yang terbuka dan jujur dalam organisasi. Hal ini dapat membantu anggota tim menumbuhkan kepercayaan dan membangun hubungan yang kuat antar anggota tim.

2. Radical candor dapat membuat seseorang merasa nyaman ketika memberikan feedback yang jujur, sehingga gak ini dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Masalah dalam tim juga dapat diidentifikasi dengan lebih cepat. 

3. Radical candor mendorong pertumbuhan dan perkembangan pribadi seseorang. Anggota tim yang menerima feedback konstruktif tentunya akan melakukan perbaikan. 

4. Radical candor dapat menghindarkan tim dari lingkungan kerja yang toxic di mana masing-masing anggota tim merasa tidak nyaman berbicara satu sama lain dan memberikan feedback yang jujur. 

Cara Menerapkan Radical Candor di Tempat Kerja 

1. Check In Rutin 

Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadwalkan check-in rutin dengan anggota tim. Dalam check-in rutin ini diskusikan progress mereka dan berikan feedback. Check in rutin dapat Anda lakukan mingguan, dua mingguan, dan maksimal bulanan. 

2. Evaluasi 

Ketika tugas atau proyek tertentu telah selesai, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memberikan feedback mengenai apa yang telah berjalan. Bagian mana yang sebaiknya di apresiasi bersama-sama dan bagian mana yang sebaiknya diperbaiki. 

3. Utamakan Sikap Rendah Hati 

Saat mengkomunikasikan kritikan dan masukan, jangan memperlihatkan sikap sombong sehingga Anda terkesan tidak menghargai anggota tim. Selain itu pastikan Anda tidak menyerang secara pribadi terhadap karyawan karena yang perlu Anda kritisi adalah perilakunya bukan personalnya. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai manfaat dan cara menerapkan radical candor di tempat kerja. Semoga bermanfaat!