Sumpit elektrik penguat rasa yang dikembangkan peneliti asal Jepang ini diharapkan dapat menjadi pengingat penggunanya mengenai konsumsi sodium pada makanan.
Gaya Hidup

Rahasia Panjang Umur ala Orang Jepang, Konsumsi Makanan Ini

  • Gaya hidup masyarakat Jepang telah lama menjadi sorotan dunia. Selain unik, tradisi dan gaya hidup tradisional orang Jepang juga berpengaruh besar terhadap kesehatan.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Gaya hidup masyarakat Jepang telah lama menjadi sorotan dunia. Selain unik, tradisi dan gaya hidup tradisional orang Jepang juga berpengaruh besar terhadap kesehatan.

Salah satu yang paling disoroti adalah perihal panjangnya angka harapan hidup orang Jepang. Mengutip CNBC, Kamis, 10 Maret 2023, saat ini jumlah orang Jepang yang masih hidup di usia lebih dari 100 tahun meningkat menjadi 90.526 orang atau lima kali lipat dalam dua dekade.

Menurut ahli gizi asal Jepang, Asako Miyashita, rahasia umur panjang orang Jepang terletak pada konsumsi makanan. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, maka akan membuat sel tubuh tak cepat tua sehingga tubuh pun lebih sehat.

Berikut adalah makanan yang banyak dikonsumsi orang Jepang untuk menambah angka harapan hidup mereka sebagaimana dikutip TrenAsia.com.

1. Ubi Ungu

Ubi ungu atau disebut imo dalam bahasa Jepang sering disantap sebagai camilan atau makanan penutup.

Mereka kaya akan karbohidrat sehat dan anthocyanin, sekelompok antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berwarna merah dan ungu yang mengandung sifat anti-penuaan .

Studi juga menunjukkan mereka dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular .

2. Sup Miso

Menu diet Jepang berisi berbagai hidangan yang mengandung makanan fermentasi. Salah satu yang populer adalah sup miso.

Sebagai informmasi, miso adalah pasta yang terbuat dari kedelai dan biji-bijian yang difermentasi.

Sebagaimana diketahui, kandungan probiotik, bakteri hidup, atau ragi dalam makanan fermentasi dapat membantu menyeimbangkan kesehatan usus kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh .

Sebuah penelitian menemukan bahwa pria dan wanita yang mengonsumsi kedelai yang paling banyak difermentasi seperti miso, tahu, dan tempe memiliki kemungkinan 10% lebih rendah untuk meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi makanan ini.

3. Daikon

Lobak menjadi salah satu makanan populer di Jepang, salah satunya adalah daikon. Selain lezat, daikon jugamemberikan banyak manfaat kesehatan yang unik.

Lobak daikon telah dikenal untuk membantu mencegah masuk angin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Satu lobak mengandung 124% asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Selain daikon, beragam jenis lobak sehat lainnya seperti wortel, bit, dan parsnip bisa Anda konsumsi.

4. Rumput Laut

Rumput laut kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, folat, dan magnesium.

Konsumsi rumput laut setiap hari membantu menambah serat untuk diet. Asupan serat yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung,  stroke, hipertensi, dan diabetes tipe 2 .

Rumput laut juga mengandung antioksidan seperti fucoxanthin dan fucoidan, keduanya memiliki sifat anti-inflamasi,  anti-penuaan, dan anti-kanker.

5. Ikan

Ikam menjadi salah satu sumber protein dalam diet harian. terlebih, jenis ikan berlemak seperti salmon dan tuna. Lemak omega-3 pada ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah , menurunkan trigliserida, dan meredakan peradangan.