Raih Banyak View Pengguna, YouTube Shorts Luncurkan Fitur Baru, Jadi Mirip TikTok?
Gaya Hidup

Raih Banyak View Pengguna, YouTube Shorts Luncurkan 6 Fitur Baru, Jadi Mirip TikTok?

  • Inilah beberapa fitur yang akan diberikan oleh YouTube Shorts. Apakah menurut Anda jadi mirip TikTok atau Instagram Reels?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - YouTube Shorts adalah platform berbagi video versi pendek dari YouTube. Seperti laporan HT Tech, YouTube Shorts telah meraih lebih dari 2 miliar view oleh pengguna yang masuk setiap bulan.

Melihat peningkatan jumlah view dari video YouTube Shorts, platform berbagi video milik Google tersebut telah meluncurkan fitur baru untuk memikat lebih banyak pembuat konten di platformnya.

Fitur Baru yang Diluncurkan di YouTube Shorts

Fitur baru yang diluncurkan di YouTube Shorts

Berikut beberapa fitur baru yang dapat diakses pengguna YouTube Shorts.

1. Collab

Collab adalah alat yang memudahkan Anda merekam video Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya. Kreator dapat memilih dari beberapa opsi tata letak untuk menggabungkannya dengan mudah menggunakan format split screen. Tidak hanya itu, Collab bergabung dengan Green Screen sehingga pengguna dapat menggunakan video YouTube atau Shorts sebagai latar belakang.

2. Gunakan Efek dan Stiker

Selama beberapa bulan terakhir, YouTube menambahkan lusinan efek dan stiker baru untuk membantu menginspirasi kreator dengan cara baru. Tidak hanya itu, YouTube juga akan segera meluncurkan stiker Q & A baru sehingga kreator dapat mengajukan pertanyaan kepada audiens dan mendapatkan tanggapan langsung di komentar kreator.

3. Live Streaming di Shorts

YouTube sedang menguji pengalaman live secara vertikal sehingga kreator dapat ditemukan langsung di feed Shorts. YouTube berharap Shorts dapat membantu kreator terhubung secara langsung dengan penonton baru dan membangun komunitas dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Sederhanakan Kreasi dengan Tambahan Saran

YouTube mempermudah pembuatan konten di YouTube dengan Shorts setiap kali inspirasi muncul di feed dengan fitur baru yang menggabungkan audio dan efek dari Shorts yang bisa Anda remix secara otomatis.

5. Simpan Video Shorts ke Playlist untuk Menemukan Inspirasi

Baru-baru ini YouTube memperkenalkan opsi untuk menyimpan Shorts ke playlist langsung di YouTube. Dengan adanya fitur ini siapapun dapat menyeleksi Shorts yang Anda sukai ke playlist langsung dari feed Shorts. Kreator juga dapat menyimpan efek yang ditemukan di feeds Shorts agar tidak kehilangan dan masukkan ke playlist.

6. Memudahkan Pengguna Mengubah Video Menjadi Shorts

Dalam beberpaa minggu ke depan, YouTube akan mulai menguji alat rekomposisi baru yang akan membantu Anda mengubah video horizontal menjadi video Shorts dengan lebih mudah.

Itu tadi beberapa fitur yang akan diberikan oleh YouTube Shorts. Apakah menurut Anda jadi mirip TikTok atau Instagram Reels?