Sarana Menara Nusantara
Korporasi

Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2 Kali, TOWR Buktikan Komitmen untuk SDGs

  • Untuk TrenAsia ESG Award tahun ini, Sarana Menara juga menoreh penghargaan Best CEO untuk kategori Social yang dianugerahkan kepada Direktur Utama TOWR Ferdinandus Aming Santoso.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) membuktikan komitmennya untuk tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan meraih penghargaan TrenAsia ESG Award dua kali berturut-turut.

Bahkan, untuk TrenAsia ESG Award tahun ini, Sarana Menara juga menoreh penghargaan Best CEO untuk kategori Social yang dianugerahkan kepada Direktur Utama TOWR Ferdinandus Aming Santoso.

Kemudian, tahun ini Sarana Menara kembali meraih penghargaan TrenAsia ESG Award untuk kategori Comm and BTS Provider dengan predikat Action atas kontribusi perseroan dalam mengimplementasikan energi ramah lingkungan.

Mewakili Ferdinandus, Wakil Direktur Utama Sarana Menara Adam Gifari menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Tren Media Berjejaring (TrenAsia) atas penghargaan yang diberikan kepada perseroan.

Adam pun mengungkapkan, sebagai perusahaan swasta Indonesia terbesar di bidang infrastruktur digital, Sarana Menara berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan layanan serta jangkauan yang lebih luas kepada pelanggan.

"Penghargaan yang diberikan kepada kami untuk kedua kalinya ini sekaligus merupakan bukti nyata atas komitmen dan dukungan perseroan terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dan pemerataan akses digital infrastruktur telekomunikasi untuk seluruh masyarakat Indonesia," tutur Adam kepada TrenAsia, dikutip Kamis, 14 September 2023.

Adam pun menyampaikan bahwa ke depannya, Sarana Menara akan terus melakukan inovasi melalui penerapan strategi bisnis yang berkelanjutan. Inovasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar lagi bagi masyarakat Indonesia.

Untuk diketahui, Ferdinandus menjadi satu di antara empat pemenang kategori Best CEO, yang mana pemenang lainnya adalah Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) Bacelius Ruru dengan predikat Environment, Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan kategori Governance, dan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dengan kategori Best of The Best.

Di bawah kepemimpinan Ferdinandus, Sarana Menara Nusantara menjadi salah satu emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang fokus kepada aspek kesejahteraan sosial, pendidikan, operasional, dan kesehatan.

Sarana Menara sendiri hingga 2022 telah mengoperasikan lebih dari 19.000 menara di Indonesia dan bergerak di segmen bisnis Penyewaan Menara dan Layanan Lainnya, termasuk layanan VSAT dan MWIFO. Mayoritas pendapatan perusahaan berasal dari Tower Rental (Penyewaan Menara).

Salah satu langkah konkret yang diambil oleh Sarana Menara Nusantara adalah dengan menerbitkan laporan berkelanjutan (sustainability report) sejak tahun 2019.

Dalam laporan tersebut, TOWR berkomitmen untuk secara transparan mengkomunikasikan praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).

Perusahaan juga sedang merencanakan pembangunan menara dengan menggunakan panel tenaga surya (solar panel). Rencana ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengurangi dampak lingkungan melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan.

Meskipun tantangan seperti biaya investasi yang tinggi dan aspek keselamatan masih harus diatasi, Perusahaan yakin bahwa proyek ini dapat terealisasi dalam 5 hingga 10 tahun mendatang.

Selain melalui proyek tenaga surya, komitmen Sarana Menara Nusantara dalam mendukung pembangunan berkelanjutan juga tercermin dalam praktik tanggung jawab sosial yang komprehensif.

Dengan upaya nyata ini, Sarana Menara Nusantara berharap dapat menjadi contoh perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasionalnya.

Melalui komitmen yang kuat terhadap prinsip ESG, perusahaan ini juga berupaya aktif berkontribusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan menjadi pelopor dalam menerapkan ESG dalam industri telekomunikasi.