26. PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) (3).jpg
Infrastruktur

Raih TrenAsia ESG Award 2023, Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC): Bukan hanya Profit, Penerapan ESG juga Penting

  • PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) berhasil memperoleh penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan multipurpose terminal dengan predikat action.
Infrastruktur
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) berhasil memperoleh penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan multipurpose terminal dengan predikat action.

Penghargaan diberikan oleh CEO TMB Sukirno kepada Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal TBK (IPCC) Sugeng Mulyadi.  Di mana IPCC  mampu berkomitmen menjalankan prinsip bisnis lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance/ESG).

Direktur Utama IPCC Sugeng Mulyadi menilai, penerapan ESG merupakan suatu indikator penting di mana perusahaan juga melihat perencanaan jangka panjang (sustainability) yang sesuai dengan 3P (Profit, Planet and People).

"ESG merupakan suatu indikator yang sangat penting, jadi perusahaan tidak hanya mencari profit tapi menjamin keberlangsungannya untuk dunia lebih sehat," katanya usai menerima penghargaan TrenAsia Award 2023.

Dalam menjalankan prinsip ESG, Anak Usaha PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Grup Pelindo konsisten melakukan mitigasi dampak lingkungan pada wilayah operasional perseroan.

Di mana komitmen IPCC terhadap keseimbangan alam merupakan salah satu bagian penerapan Environment, Social dan Governance (ESG). Selain itu, perseroan juga telah mendapatkan sertifikasi The International Organization for Standardization atau ISO 14001:2015 tentang manajemen lingkungan.

Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak pada pelayanan terminal kendaraan yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok dan sejumlah pelabuhan/terminal RoRo di Indonesia. IPCC dalam beberapa tahun terakhir konsisten menangani dampak lingkungan antara lain pengelolaan energi, penurunan emisi, dan penghijauan hayati.

Mengutip laporan keberlanjutan perusahaan tahun 2022 kegiatan operasional IPCC menggunakan dua sumber energi utama yakni listrik dan bahan bakar minyak BBM.

Energi lisrik sendiri digunakan perusahaan sebagai sumber penerangan dan prasarana penunjang kegiatan operasional seperti komputer, mesin pendingin udara, sistem operasional, dan lain sebagainya.

Dalam setahun ke belakang, TrenAsia mencatat berbagai inisiatif ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang sudah memenuhi aspek ESG telah terbukti resilient di tengah tantangan ekonomi global.

Ajang TrenAsia ESG Award 2023 dinilai  leh tim dewan juri yang terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.