<p>Rangkaian Kereta Api jarak jauh melintas di area Depo Cipinang, Jakarta Timur, Selasa, 22 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Railfans, Komunitas Pecinta Kereta Api Miliki Peran Penting Dalam Kemajuan Perkeretaapian

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki penggemar yang biasa disebut railfans atau komunitas pecinta kereta api.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memiliki penggemar yang biasa disebut railfans atau komunitas pecinta kereta api. Keberadaan mereka ditandai dengan sejumlah kamera dan alat perekam digital yang dibawa.

Selain bisa menuangkan hobinya lewat gambar-gambar yang diambil, ternyata para pecinta kereta api ini dinilai bisa membantu pelayanan serta memberikan semangat kepada para pekerja KAI lainnya dalam melaksanakan tugas.

Hadirnya mereka ditengah perseroan ini, sangat membantu dalam melakukan pelayanan kepada penumpang. Selain itu, mereka juga ikut melakukan kerja bakti membersihkan stasiun, melakukan edukasi dan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang.  Kegiatan ini di pandang positif oleh masyarakat bahkan oleh dinas terkait.

Vice President Public Relations Joni Martinus Joni mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh beberapa railfans khususnya dalam mengedukasi keselamatan perjalanan kereta api kepada masyarakat. Bahkan, beberapa aksi tersebut adalah inisiatif railfans itu sendiri. Hal ini merupakan bentuk kecintaan pada perkeretaapian secara nyata.

“Bagi KAI, peran railfans sangat strategis dalam upaya mendukung kemajuan perkeretaapian, dimana masing-masing dari mereka mempunyai tujuan yang sama guna memajukan perkeretaapian di Indonesia.” Tambah dia dikutip dari laman resmi PT KAI Kamis, 19 Mei 2022. 

Tidak hanya itu, dirinya juga melinai railfans memiliki peran penting dalam mendukung kemajuan perkeretaapian yang terus dilakukan oleh KAI. Dari kegiatan-kegiatan positif tersebut diharapkan mampu menambah kualitas pelayanan dan memberikan citra positif untuk KAI maupun bagi railfans itu sendiri.

Para railfans kebanyakan berasal dari pelajar yang rela meluangkan waktunya untuk menuangkan hobinya sekaligus menjadi relawan di KAI.

Kegiatan yang dilakukan railfans antara lain, membantu melakukan pengawasan protokol kesehatan, membantu memberikan informasi aturan perjalanan kereta, membawakan tas milik pelanggan, membantu pelanggan yang kebingungan saat melakukan boarding atau check in, dan memberitahukan informasi jadwal keberangkatan maupun kedatangan kereta. Selain itu, para railfans tidak segan untuk membantu lansia dan pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus.