Raja YouTube MrBeast Tengah Cek Ombak Pasar Tiongkok
Hiburan

Raja YouTube MrBeast Tengah Cek Ombak Pasar Tiongkok

  • Megabintang YouTube yang memiliki nama asli Jimmy Donaldson itu tampak mengunggah video pertamanya di situs berbagi video Tiongkok, Bilibili.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Raja YouTube yang sangat terkenal MrBeast terpantau tengah mencoba peruntungannya di pasar Tiongkok.

Menurut Business Insider pada hari Selasa, 23 Januari 2024, megabintang YouTube yang memiliki nama asli Jimmy Donaldson itu tampak mengunggah video pertamanya di situs berbagi video Tiongkok, Bilibili.

"Dengan senang hati berada di Bilibili. Terima kasih telah menonton video saya," tulis MrBeast dalam komentar yang dia pasang pada video debutnya.

Video debut berdurasi 90 detik ini berisi cuplikan dari berbagai video yang sudah diunggah oleh Donaldson di YouTube. Tak perlu waktu lama video perdana Donaldson di Bilibili ini sudah ditonton lebih dari 4 juta kali dan mendapat 351 ribu suka hingga saat ini.

"Boleh saya bertanya kapan Anda akan datang ke Tiongkok?" tulis salah satu pengguna dalam komentar.

"Semua mungkin," jawab Donaldson.

Dikutip dari Bloomberg, salah seorang narasumber mengatakan bahwa Donaldson memilih untuk membuat debut online di Bilibili karena kemiripan fiturnya dengan aplikasi yang membesarkan nama Mr.Beast yaitu YouTube.

Sebelumnya, fans Tiongkok sudah membuat akun Bilibili untuk Donaldson tepatnya satu tahun lalu, kata narasumber. Sejak saat itu, Donaldson dan timnya telah mengambil alih akun tersebut.

Tak hanya ekspansi di Bilibili, Donaldson juga berencana untuk bergabung dengan platform media sosial Tiongkok lainnya tahun ini, termasuk Douyin, yang merupakan aplikasi saudara TikTok, dan situs mikroblogging Weibo. 

Donaldson adalah YouTuber paling populer di dunia, dengan lebih dari 234 juta pelanggan di channelnya. Menurut Forbes, perusahaannya menghasilkan pendapatan sekitar US$82 juta atau setara Rp1,23 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.000) dalam periode antara Juni 2022 dan Juni 2023.

Baru-baru ini, Donaldson menunjukkan minatnya dalam memperluas kerajaan medianya. Dia mengunggah video pertamanya di platform X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, pada 15 Januari.

Pada hari Senin, Donaldson mengatakan bahwa video pertamanya di X menghasilkan US$263,65 ribu atau setara Rp3,95 miliar. Video berdurasi 16 menit itu telah ditonton lebih dari 165 juta kali dan diposting ulang lebih dari 56 ribu kali hingga saat ini.