<p>Muslim woman sharing food at Ramadan feast</p>
Gaya Hidup

Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Inilah 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ibadah Puasa

  • Inilah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak terasa bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Pada bulan Ramadan, umat muslim di berbagai negara mengikuti ibadah puasa selama satu bulan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan serangkaian hal untuk mempersiapkan diri sebelum ibadah puasa. Berikut penjelasannya.

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ibadah Puasa

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ibadah Puasa

1. Membayar puasa 

Jika Anda sempat melewatkan puasa apapun selama bulan Ramadan tahun sebelumnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk melunasinya. Jika Anda tidak mampu karena sebab-sebab seperti hamil, bepergian, atau sakit maka Anda dianjurkan untuk membayar Fidyah, yaitu kompensasi tidak berpuasa di mana Anda harus memberi makanan kepada warga dhuafa.

2. Membersihkan rumah

Hal ini bisa Anda lakukan untuk merapikan dan membersihkan rumah agar nyaman untuk dihuni. Hal ini karena kegiatan membersihkan rumah adalah kegiatan yang membutuhkan banyak energi, dengan menyisihkan satu hari untuk melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh, Anda bisa meringankan tugas ini ketika bulan Ramadan nanti.

3. Berbelanja

Semua orang tentu semangat menyambut Idul Fitri, bahkan sebelum bulan Ramadan dimulai. Akan tetapi, jangan biarkan hal itu menjadi satu-satunya fokus Anda selama sebulan.

Cobalah untuk membuat daftar pelanja persiapan Ramadan dan mulai berbelanja keperluan selama Ramadan seperti minyak, tepung, gula, kurma, dan sebagainya. Hal ini agar Anda tidak perlu repot berbelanja ketika saat puasa nanti.

4. Buat rencana makan saat puasa

Iftar adalah waktu untuk mengisi ulang energi, sehingga membuat Anda harus berusaha membuat makanan yang bergizi. Akan tetapi, jika Anda membuatnya secara mendadak apalagi saat masih sibuk, hal itu mungkin akan melelahkan dan membuat Anda pusing.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat rencana makan saat puasa, termasuk makanan sahur dan buka puasa agar tidak merepotkan menyiapkannya ketika menjalani ibadah puasa Ramadan ini.

5. Kumpulkan informasi

Anda bisa mulai mencari jadwal imsak dan sahur yang sesuai dengan waktu di kota atau daerah Anda tinggal. Hal ini agar Anda tidak repot mengetahui waktu sahur atau buka puasa saat Ramadan nanti. Selain itu, Anda juga bisa mulai mencari masjid atau tempat di daerah Anda yang menyelenggarakan ibadah tarawih atau salat Idul Fitri nanti.

Itu tadi beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadan.