Logo di Kantor Bursa Efek Indonesia IDX di kawasan SCBD Jl Sudirman Jakarta Selatan, Kamis 26 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Pasar Modal

Ramai IPO, 4 Emiten Melantai di Bursa Hari Ini, Simak Profilnya!

  • Empat emiten baru resmi tercatat (listing) di Bursa Efek Indonesia pada Rabu, 8 Februari 2023.
Pasar Modal
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Empat emiten baru akan mencatatkan (listing) sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), hari ini, 8 Februari 2023. Emiten ini akan melantai di bursa usai menyelesaikan proses penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO).

Keempat emiten tersebut ialah PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), PT Haloni Jane Tbk (HALO), PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK), dan PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP).

Secara urut, perusahaan tersebut akan menjadi emiten yang ke-14, 15, 16, dan 17 yang melantai di bursa pada 2023.

Berikut profil keempat emiten yang listing hari ini.

PT Haloni Jane Tbk (HALO)

HALO melakukan kegiatan produksi sarung tangan karet dari bahan baku lateks yang digunakan untuk berbagai keperluan. Terutama penggunaan untuk medis dengan merek dagang antara lain Shamrock Gloves dan Myguard Gloves.

Dalam IPO ini, HALO melepas 1,13 miliar saham baru dan menetapkan harga Rp100 per saham. Jumlah tersebut setara 20% dari jumlah seluruh modal disetor perseroan setelah IPO dengan nominal Rp10 per saham.

Dengan demikian, HALO akan meraup Rp113 miliar dari IPO tersebut. Danatama Makmur Sekuritas akan menjadi pemnjamin pelaksana emisi efek dan KB Valbury Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

PT Vastland Indonesia Tbk (VAST)

VAST merupakan perusahaan properti logistik atau pergudangan yang telah berdiri sejak 2011. Perseroan telah beroperasi di 5 provinsi yang ada di Sumatra dan Jawa.

Fokus VAST adalah pengembangan dan penyewaan gudang dalam bentuk Built-To-Suit dan General Warehouses. Gudang yang dimiliki perseroan disewakan untuk berbagai industri, umumnya untuk kebutuhan Fast Moving Consumer Goods (FMCG), perdagangan komoditas, penyedia 3PL (Third Party Logistics).

VAST melakukan IPO pada 1-6 Februari 2023 dengan menetapkan harga Rp108 per saham. Dalam IPO ini, Vastland melepas sebanyak 650 juta saham atau 21,27% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp50 per saham.

Usai IPO, VAST akan meraih dana sebesar Rp70,2 miliar. Erdhika Elit Sekuritas akan bertugas penjamin pelaksana emisi efek VAST.

PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP)

CHIP berfokus pada jasa teknologi informasi dan industri smart card. Pada 2021, perseroan memulai penjualan dari lini usaha connectivity. Produk yang dijual adalah produk berbasis Smart Card untuk operator seluler sperti SIM Card, Scratch Card (voucher isi ulang), dan Fulfillment (pengepakan atau kemasan untuk produk sim card atau voucher isi ulang seluler).

Pada kuartal IV-2021, CHIP mulai menset-up pabrik di Cikupa sehingga ke depannya perseroan tidak lagi melakukan penjualan berbasis trading, namun mampu memproduksi sendiri produk SIM Card, Scratch Card, dan jasa Fulfillment yang ditawarkannya. Tahun itu, CHIP menjadi pemasok terbesar untuk PT Hutchinson Indonesia yang merupakan operator seluler Three. Kemudian, pada 2022, perseroan menjadi pemasok untuk Telkomsel dan Zambia Telecom. 

CHIP melepas 200 juta saham atau 24,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Harga penawarannya Rp 160 per saham sehingga perseroan meraih dana segar Rp 32 miliar. Aksi IPO ini dikawal Lotus Andalan Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK)

Perseroan didirikan dengan nama PT Solusi Kemasan Digital pada 8 November 2019. Kegiatan usaha yang dilakukan yakni di bidang perdagangan eceran pembungkus dari plastik.

Selain itu, perseroan mengantongi izin usaha: Industri Barang dari Plastik Untuk Pengemasan, Portal Web dan/atau Platform Digital dengan Tujuan Komersial, serta Industri Pencetakan Umum.

PACK atau FlexyPack menggelar IPO dengan melepas sebanyak 308 juta saham. Jumlah ini setara 20,03% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp 10 per saham.

Masa penawaran umum digelar 2-6 Februari 2023 dengan harga Rp162 per saham atau di batas atas saat penawaran awal (bookbuilding) Rp110-162 pada 12-17 Januari 2023. Dengan IPO ini, PACK akan meraup dana segar Rp49,89 miliar. NH Korindo Sekuritas akan menjadi underwriter.