Produk INDOxyz.
Industri

Rapper Snoop Dogg Buka Bisnis Kopi Indonesia di Amerika Serikat

  • Snoop Dogg bekerja sama dengan pengusaha kopi Indonesia, Michael Riady, untuk membangun bisnis tersebut.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Snoop Dogg menjajal peruntungan baru di bidang bisnis kopi. Yang menarik, rapper kenamaan ini menjual produk kopi Indonesia dengan jenama (merek) INDOxyz. Snoop Dogg bekerja sama dengan pengusaha kopi Indonesia, Michael Riady, untuk membangun bisnis tersebut.  

Sejauh ini ada dua jenis produk yang telah dirilis INDOxyz yakni kopi kaleng Organic Cold Brew seharga US$5,99 (Rp92.000) dan biji kopi Sumatra Gayo ukuran 340 gram seharga US$ 17,99 (Rp276.000). Saat ini INDO.xyz hanya dijual di Amerika Serikat dan dimulai sebagai produk eksklusif untuk peritel di California dan Las Vegas.

Lalu bagaimana awal mula Snopp Dogg berkeinginan membuka bisnis kopi Indonesia di Negeri Paman Sam? Dilansir dari laman resmi INDOxyz, Rabu 15 Maret 2023, pelantun “Young, Wild and Free” itu awalnya diperkenalkan kopi lokal oleh Michael Riady saat sang rapper berkunjung ke Indonesia. Snopp Dogg langsung kepincut dengan cita rasa kopi Tanah Air hanya dalam satu tegukan kopi. 

Usut punya usut, Snopp Dogg memang pecandu berat kopi. Dia selalu minum kopi untuk menemani malam panjangnya saat membuat lagu. Menurut dia, kopi menyediakan bahan bakar yang membuatnya terus maju. Snopp Dogg pun antusias dengan kemitraan barunya bersama Michael Riady. Sebagai informasi, Michael Riady adalah cucu pendiri Grup Lippo, Mochtar Riady. “Michael memperkenalkan saya pada kopi Indonesia dengan rasa terbaik. INDOxyz akan mengubah industri. Saya berjanji,” kata Snoop Dogg. 

Dalam penjelasan INDOxyz, biji kopi Sumatra Gayo yang dijual memiliki tipe kopi Arabika yang yang dipanen sekitar Maret-Juli dan Oktober-Januari. Produk itu sudah tersertifikasi US Department of Agriculture (USDA) Organic. Adapun Organic Cold Brew dikemas dalam kemasan kuning khas jenama tersebut. Produk ini telah tersertifikasi organik dan non-GMO (genetically modified organism), tanpa gula, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna. Bahan kopi tersebut dipanggang di Los Angeles dan diproduksi di sejumlah daerah di Amerika Serikat.